Penggunaan Media Pembelajaran Pup-Up Book untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Salah satu aspek yang penting dikembangkan pada anak usia dini yaitu aspek perkembangan bahasa. Untuk itu diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak, salah satunya adalah media pembelajaran Pop-Up Book. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan dua siklus dan masing-masing siklus dengan tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini yaitu anak kelas kelompok A RA NURUL FU’ADI. Hasil penelitian siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan kemampuan anak dalam perkembangan bahasa setelah penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Aqib, Zainal dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SM, SMK. Bandung: CV. YRAMA WIDYA
Daryanto. (2010). Media Pembe,lajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Departemen Pendidikan Nasional. (2003) Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas
Dewanti, Handaruni dkk. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat TinggalkuKelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP, 1(3), 221-228.
Hildayani, Rini dkk. (2014). Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang: Universitas Terbuka
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Stanadr Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud
Matin, Rapi Halipani dkk. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up BookAnak Usia Dini Kelompok B UntukMeningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal di TK Nusa Indah. Jurnal Ceria, 2(2), 49-56.
Sujiona, Yuliani Nuraeni. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarrta: PT.Indeks
Yusuf, Syamsu LN, dan Nani M. Sugandhhi. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Depok: PT RajaGrafindo Persada