PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BASIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 2 AMBULU - JEMBER

Main Article Content

Syahrul Bayuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran inquiry basic dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Ambulu.  Selama penggunaan metode pembelajaran inquiry basic siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah dan guru berperan sebagai pembimbing atau memberikan petunjuk cara memecahkan masalah. Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem ekskresi pada manusia dan kesehatan setelah diterapkannya pengajaran inquiry basic pada siswa kelas IX-A semester ganjil SMPN 2 Ambulu Kabupaten Jember. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas IX-A SMPN 2 Ambulu Kabupaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pengajaran inquiry basic  memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (51%), siklus II (86%), siklus III (92%). Penerapan pengajaran inquiry basic  mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari pelajaran IPA yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pengajaran inquiry basic  sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bayuni, S. (2018). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BASIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 2 AMBULU - JEMBER. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 15–20. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/89
Section
Articles