PERANGKAT ANDROID SEBAGAI PALET MAYA PADA ANAK PRASEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dimana berfokus pada penyelidikan bagaimana sekelompok anak prasekolah berusia tiga tahun menggunakan aplikasi menggambar di perangkat android. Aplikasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah aplikasi Baby Coloring Games For Kids With Glow Doodle. Penelitian ini melalui kegiatan observasi pada PAUD Al-Furqon (R.A. Holis) Cangkring Jenggawah. Aplikasi mewarnai pada perangkat android tersebut tampaknya mendorong anak-anak untuk menjelajahi warna dan melapisi dan mengisi layar android. Selain itu, anak prasekolah bisa melukis bentuk dan garis yang sangat tepat, dimana tampaknya memudahkan anak prasekolah dalam pembuatan pola juga penemuan tanda dan hubungan. Anak prasekolah menggunakan alat penghapus untuk mengoreksi, mengungkapkan, menghapus, dan membuat bentuk pada layar android. Bila dibandingkan dengan kegiatan mewarnai secara manual atau tradisional, penggunaan aplikasi mewarnai menjadi pilihan utama dikarenakan tingkat kepraktisan serta hasil yang lebih rapi dan bersih. Namun harus ada orang dewasa yang mendampingi anak prasekolah saat menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini terkait dengan jarak baca antara mata dengan perangkat android, serta lama waktu penggunaan perangkat android.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Annur, C. 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Pada%20Januari%202021%2C%20jumlah%20pengguna,melonjak%20sebesar%2054%2C25%25. Diakses pada 19 Mei 2022.
Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bps https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/pandemi-covid-19-dorong-anak-anak-aktif-menggunakan-ponsel. Diakses pada 19 Mei 2022.
Fadhilah, N. 2014. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK Kklkmd Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul.
Hasan, I. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Matthews, J., & Seow, P. 2007. Electronic paint: Understanding children's representation through their interactions with digital paint. International Journal of Art & Design Education, 26(3), 251-263. DOI: 10.1111/j.1476-8070.2007.00536.x
Pamadhi, H. 2010. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.
Price, S., Jewitt, C., & Crescenzi, L. 2015. The role of iPads in pre-school children's mark making development. Computers & Education, 87, 131-141. DOI: 10.1016/j.compedu.2015.04.003.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tilong, A. 2016. 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan Dan Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana.