PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANNEL DAN MEDIA REALITA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI RAMBAN WETAN 01 KECAMATAN CERMEE KABUPATEN BONDOWOSO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Papan Flannel dan media Realita. Media merupakan bagian yang melekat atau tidak terpisahkan dari proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media berfungsi dan berperan mengatur hubungan efektif guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Ramban Wetan 01kelas IV A dan kelas IV B berjumlah 37 siswa dan sampelnya 37 siswa. Data diperoleh dengan:tes tertulis (essay) sebanyak 10 soal, untuk mengetahui perbedaannya dilakukan dengan Uji T (Separated Varian). Hasil pengujian menunjukkan t- hitung 0,000 < t-tabel 0,05, dari uji tersebut terdapat perbedaan penggunaan media papan flannel dan media realita terhadap hasil belajar , yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t dengan t-hitung 0,000 < t-tabel 0,05, karena t-hitung lebih kecil dari t-tabel yang menyebabkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Arikunto,S. (2010). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik”. Jakarta: Rineka Cipta.
Candiasa,I Made. (2010). “Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS”. Singaraja: Undiksha Press.
Yogi Fajar Alhabibi Moch. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan Kantor Pusat Pt. Perkebunan Nusantara VIII Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pasundan. Bandung.