UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DENGAN GURU MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SYMBOLIC MODEL DI SMA NEGERI MUMBULSARI KELAS XI IPS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pemberian layanan bimbingan kelompok teknik symbolic model terhadap etika berbicara dengan guru di SMA Negeri Mumbulsari kelas XI IPS sebelum diberikan layanan. (2) Pemberian layanan bimbingan kelompok teknik symbolic model terhadap etika berbicara dengan guru di SMA Negeri Mumbulsari kelas XI IPS setelah diberikan layanan. (3) Efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik symbolic model untuk meningkatkan etika berbicara dengan guru di SMA Negeri Mumbulsari kelas XI IPS. Penelitian ini memilki 12 siswa sebagai sampel penelitian, pegambilan sampel peneliti menggunakan cara purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu metode analisis data Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian etika berbicara dengan guru dari pra siklus di peroleh skor 548 dengan rata-rata persentase 49% berada pada kategori rendah, Siklus 1 memperoleh skor total 719 berada pada rata-rata pesentase 64% berada pada kategori sedang, dan pada siklus II memperoleh skor total 844 berada pada pesentase 76% berada pada kategori seda tinggi, jadi dari pra siklus, siklus I,siklus II hasilnya 49% menjadi 76%, ada peningkatan yaitu 27% . berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic model dapat meningkatkan etika berbicara dengan guru di SMA Negeri Mumbulsari kelas XI IPS Tahun pelajaran 2021-2022.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Darmuki, Agus, dan Ahmad Hariyadi. 2019. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019”. Jurnal Kredo, No. 2(2): 2 April 2019
Erford, Brandley T. 2015. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Muliyati. 2018. “Penerapan Konseling Dengan Teknik Modeling Simbolis Untuk Menurunkan Tingkat Kebiasaan Merokok Pada Siswa Di SMP”. Jurnal konseling Andi Matappa, No. 2(1): 41-51
Sumedi . 2018. ”Meningkatkan Etika Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Pada Siswa Smp” Jurnal Prakarsa Paedagogia, No. 1(1): 49-60.
Tanyid, Maidiantius, 2014. “ Etika Dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan”. Jurnal Jaffray, No. 12(2): Oktober