IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TEACHING (TALKING STICK, INKUIRI, GROUP INVESTIGATION, ROLE PLAYING, SNOWBALL THROWING, NUMBER HEAD TOGETHER, SCRAMBLE, PEER LESSONS)
Main Article Content
Abstract
Model- model pembelajaran kontekstual diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun model-model pembelajaran kontekstual terdiri dari talking stick, inkuiri, group investigation, role playing, snowball throwing, number head together, scramble, peer lessons. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah para mahasiswa semester 2 prodi PPKN. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebagian besar mahasiswa memahami konsep dan penerapan model- model pembelajaran tersebut dengan baik. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa model- model pembelajaran kontekstual sangat penting untuk diajarkan kepada para mahasiswa khususnya pada semester 2 agar nantinya dapat diterapkan kepada para muridnya setelah lulus nanti.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Al Muchtar, Suwarna. 2001. Epistimologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Gelar Pustaka Mandiri
Hobri. 2010. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Pena Salsabila
https://bunghatta.ac.id/artikel-259-pentingnya-pendidikan-bagi-semua-orang.html, akses : 16 April 2019
https://www.kompasiana.com/henyharyati/552e374c6ea834cb238b457d/5-alasan-pentingnya-pendidikan, akses : 16 April 2019
Huda, Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu- Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Tim UNESA. 2009. MODUL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN PLPG : Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Surabaya : UNESA.