PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan minat dan hasil belajar siswa rendah. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran matematika masih berorientasi pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu digunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW yang menumbuhkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran tipe JIGSAW, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran tipe JIGSAW. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata aktivitas siswa secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan sebesar 8%, dari siklus I mencapai rata-rata 76%, kemudian pada siklus II mencapai rata-rata 84%. Pada keterampilan berkooperatif pada siklus I rata-rata persentase mencapai 74%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase mencapai 86% meningkat sebesar 12%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada tes akhir siklus I mencapai 86,49% dan pada tes akhir siklus II mencapai 91,89% mengalami peningkatan sebesar 5,43%.