Implementasi Penilaian Otentik Dalam Kurikulum 2013 (Studi Kasus Di SD Perbatasan Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang)
Main Article Content
Abstract
Guru masih mengalami kesulitan melaksanakan penilaian autentik pada menerapkan Kurikulum 2013, karena guru dituntut mengobservasi siswa dan mendeskripsikan setiap peristiwa penilaian mulai KI-1 (spritual), KI-2 (sosial), KI-3 (pengetahuan), dan KI-4 (keterampilan). Tujuan penelitian. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat ditarik simpulan adalah 1) Proses pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Perbatasan Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang yaitu (1) perencanaan penilaian autentik berada pada kategori baik dengan nilai yang diperoleh sebesar 80,7. Setiap RPP yang dibuat sudah mencantumkan penilaian autentik, yakni penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun tidak semua jenis penilaian pada setiap kompetensi dirancang dan dikembangkan dalam RPP, (2) pelaksanaan penilaian autentik berada pada kategori amat baik dengan nilai yang diperoleh sebesar 81,85. 2) Kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik di SD Perbatasam Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang adalah banyaknya aspek yang harus dinilai dalam penilaian Kurikulum 2013, sehingga guru membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penilaian. 3) Penilaian dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Perbatasan Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang adalah penilaian autentik dilakukan secara terus menerus selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan meliputi seluruh aspek domain penilain.
Downloads
Article Details
References
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar n.Jakarta : PT.Bumi Aksara
Huberman, Miles (2012). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia
Kurniasih dan Sani, (2014). Strategi-Strategi Pembelajaran”. Bandung. Alfabeta
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena
Kusnandar, (2010). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Majid, Abdul. (2014). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mudlofir, Ali. (2012). Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Ridwan, Abdullah, Sani, (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara