Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X TKJ Mata Pelajaran Program Dasar Semester Genap DI SMK Nurul Huda Tahun 2020 / 2021

Main Article Content

Hosen Bahdadi
Arico Ayani Suparto
Irma Noervadila

Abstract

Penelitian ini bertujuan dengan mengetahui tentang pengaruh pembeljaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom terhadap keaktifan belajar siswa di SMK Nurul Huda Kapongan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunkan kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini yang dilaksanakan pada kelas X TKJ  SMK Nurul Huda Kapongan yang berjumlah 29 siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket Google Classroom dan angket keaktifan belajar siswa dalam materi Tipe Data. Pengujian dalam validitas instrumen menggunakan uji validasi dan reliabilitas   Pengujian validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Sedangkan dalam analisis data menggunakan uji korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji-T. Hasil pengelohan data dari korelasi product moment terdapat nilai rhitung sebeasr 0,640 pada N =29 sedangkan rtabel sebesar 0,367 dengan taraf signifikan yang berarti rhitung >rtabel, dalam koefisien determinasi terdapat konstribusi nilai sebsar 40,96% dam dalam uji terdapat nilasi thitung sebesar 4,329 > ttabel sebesar 2,052, jadi ada pengaruh dalam pengujian hipotesis variabel antara Google Classroom terhadap keaktifan belajar siswa kelas X TKJ mata pelajaran program dasar di SMK Nurul Huda.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bahdadi, H., Suparto, A. A., & Noervadila, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X TKJ Mata Pelajaran Program Dasar Semester Genap DI SMK Nurul Huda Tahun 2020 / 2021. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 225–234. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.518
Section
Articles

References

Dahlan, U. A. (2016). Efektifitas Google Classroom Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Era Revolusi Industri 4.0. 44–53.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fernando, A. (2020). Respon Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Biologi Melalui Google Classroom di Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.31629/ph.v4i1.2335
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas Viii Mts N 1 Semarang. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740
Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 1–6.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Sains, J. P., & Volume, T. (2019). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi VOLUME 6. No. 1 Mei 2019 ISSN: 1858-005X. 6(1).
Septoyadi, Z., Candrawati, V. L., & Mahyadien, M. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar. 7(2), 282–290. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1002
Yuliana, D., & Aminullah, N. F. (2020). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 37–53.