Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori Dengan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Video

Main Article Content

Heldie Bramantha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara menggunakan model pembelajaran ekspositori dan model pembelajaran inquiry berbantuan media video pada mata pelajaran IPA kelas V SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo yang berjumlah 46 orang. Sedangkan sampelnya adalah kelas V Annisa’ yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inqury berbantuan media video dan kelas V Arrijal yang berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian. Uji instrumen dalam penelitian ini berupa uji validitas yang menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas yang menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas menggunakan uji fisher dan analisis data berupa uji hipotesis yang menggunakan rumus uji-t polled varians. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,76 > 2,015 pada taraf signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan 44. Dari data tersebut dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara menggunakan model pembelajaran ekspositori dan model pembelajaran inquiry berbantuan media video pada mata pelajaran IPA kelas V SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun pelajaran 2020/2021.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bramantha, H. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori Dengan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Video. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 195–202. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.515
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Asmayani, Diyanti. (2014). Model Pembelajaran Inquiry dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang. Volume 19, Nomor 1. Diakses dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/9
Lestari. (2015). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Diakses 1 April 2019 , dari http://eprints.uny.ac.id/14139/2/BAB%20II.pdf.
Sugiono. (2006). Metode Penelitian Kombinasi. Yogyakarta: Alfabeta
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Komeptensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication
Tim Dosen Prodi PGSD UNARS. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi. Penerbit : UNARS Press Situbondo.