Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Kelompok Mata Pelajaran IPA Melalui Penilaian Antarteman DI SMPN 1 Sangatta Utara

Main Article Content

Yanthi Widyastoeti

Abstract

Pembelajaran kelompok pada mata pelajaran IPA, merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dipandang tepat untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, menumbuhkan semangat kerjasama dan memanfaatkan semua sumber belajar yang tersedia, dalam hal ini adalah teman sekelompok mereka sendiri. Akan tetapi, tidak semua anggota kelompok memainkan peranan yang sama untuk keberhasilan kelompoknya. Penilaian antar teman dipilih untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok karena setiap anggota kelompok mengetahui dengan pasti bagaimana peran setiap anggota lainnya di dalam kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompoknya pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII, khususnya VII B SMP Negeri 1 Sangatta Utara. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan tahapan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Lembar Penilaian Keaktifan Anggota kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase siswa yang memperoleh nilai 70 atau lebih pada siklus I adalah 63%, siklus II 82 % dan siklus III 91 %.  dengan rata-rata nilai siklus I 75, siklus II 79 dan siklus III 82. Hasil tersebut membuktikan bahwa penilaian antarteman sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keatifan siswa dalam kelompoknya pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIIB di SMP Negeri 1 Sangatta Utara

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyastoeti, Y. (2021). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Kelompok Mata Pelajaran IPA Melalui Penilaian Antarteman DI SMPN 1 Sangatta Utara. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 181–194. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.508
Section
Articles

References

Dees, Robert L. 1991. “The Role of Cooperative Learning in Increasing ProblemSolving Ability in a College Remedial Course. Journal for Research in Mathematics Education.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005, Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Badan Nasional Standar Pendidikan 2007, Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Jakarta: Badan Nasional Standar Pendidikan 2007

Kementerian Pendidikan Nasional 2011, Materi Bimbingan Teknis Pembelajaran Bagi Guru Rintisan SMP BI Tahun 2011 Mata pelajaran Science, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional 2011

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara. 2013

Kartono. Efektivitas Penilaian Diri dan Teman Sejawat untuk Penilaian Formatif dan Sumatif pada Pembelajaran Mata Kuliah Analisis Kompleks, Prosiding Seminar Nasional Matematika tanggal 24 Juli 2011 di Universitas Muhammadiyah Surakarta

See, Koay Suan, Socio-Scientitific Model , Materi Pelatihan yang disajikan dalam Customised Courses for Indonesian Secondary Science & Mathematics Educators tanggal 12 September 2012 di RECSAM, Penang, Malaysia

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya. 2013

Yosep, Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 10 Malang Pada Materi Gradien dan Persamaan Garis Lurus Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle, artkel yang diajukan kepada Universitas Negeri Malang pada Februari 2012