Penerapan Supervisi Kepala Sekolah Melalui Teknik Kelompok untuk Peningkatan Kinerja Guru SMA Negeri 5 Jember

Main Article Content

Siswo Suryono

Abstract

Kegiatan supervisi kepala sekolah akan berpengaruh secara psikologis terhadap kinerja  guru, guru yang puas dengan pemberian supervisi kepala sekolah dan motivasi kerjanya tinggi maka ia akan bekerja dengan sukarela yang akhirnya dapat membuat produktivitas kerja guru meningkat. Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 5 Jember, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 5 Jember. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Berdasarkan hasil Analisis data baik siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh supervisi kepala sekoah terhadap pengingkatan kinerja guru-guru di SMA Negeri 5 Jember. Ini terbukti dari hasil nilai analisis siklus I rata-rata persentasenya adalah 68.07 % meningkat menjadi 85.97%. Besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru-guru SMA Negeri 5 Jember dalam penelitian ini adalah 17.90%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryono, S. (2021). Penerapan Supervisi Kepala Sekolah Melalui Teknik Kelompok untuk Peningkatan Kinerja Guru SMA Negeri 5 Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.430
Section
Articles