Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 5 Jember

Main Article Content

Yanti Indah Mursyida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas VIIIB SMPN 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-B SMPN 5 Jember yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui kegiatan pembelajaran, dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes.  Hasil belajar siswa pada pra siklus menunjukan untuk nilai rata-rata 64,7 dan untuk ketercapaian ketuntasan sebesar 40,6%, artinya hanya ada 13 siswa yang tuntas mencapai KKM 70 dari 32 siswa. Pada siklus I ketercapaian ketuntasan sebesar 62,5%, artinya hanya ada 20 siswa yang tuntas mencapai KKM 70 dari 32 siswa dan menunjukan nilai rata-rata 76,6. Pada tahap siklus II menunjukkan bahwa nilai rata- rata dari 32 siswa yaitu 81,4 dan persentase siswa yang tuntas yaitu 28 (87,5%) dan persentase siswa yang belum tuntas yaitu 4 (12,5%). Jadi dari pra siklus yaitu 40,6% ke siklus 1 62,5% sehingga meningkat 21,9% dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 87,5% sehingga meningkat 25,0.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mursyida, Y. I. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 5 Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 139–150. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.427
Section
Articles