Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Agustin Rinawati
Lilik Binti Mirnawati
Fajar Setiawan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Hubungan tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data dari beberapa jurnal dan buku. Penelitian ini diawali dengan merumuskan permasalahan kemudian mencari data dari jurnal dan buku yang relevan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari 10 jurnal yang telah dianalisis sebelumnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis narasi pada siswa sekolah dasar. Rata-rata yang didapatkan untuk keterampilan membaca sebesar 54,65% sedangkan untuk keterampilan menulis sebesar 55,14%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca sangat erat hubungannya dengan keterampilan menulis, semakin banyak dan baik dalam membaca maka karya tertulisnya juga semakin baik. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka diharapkan siswa memiliki keterampilan membaca yang baik karena dengan membaca sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis yang dimiliki. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai saran untuk guru agar dapat memotivasi dan memperhatikan siswanya dalam keterampilan membaca dan menulis dan sebagai rujukan bagi peneliti lain, karena hasil penelitian ini didapatkan dari analisis dari 10 jurnal yang telah terakreditasi dan sesuai dengan variabel yang diambil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Section
Articles