PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGENALAN PRA MEMBACA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NURYA BIL ILMA JEMBER

Main Article Content

Kustiyowati Kustiyowati

Abstract

Proses pembelajaran pra membaca pada saat observasi awal guru belum menggunkan media secara optimal. Guru kurang kreatif dalam menciptakan permainan yang mengedukasi anak. Guru membelajarakan pra membaca dengan cara mengenalkan huruf yang terpisah dengan langsung menujuk dan menyebut bunyinya. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh pemanfaatan media flash card terhadap pengenalan pra membaca anak  usia 4-6 tahun di TK Nurya Bil Ilma Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat eksperimen  semu (quasi experiment) atau  dengan desain one shot case study. Teknik analisis data  menggunakan rumus Chi Quadrat. Subyek penelitian adlah anak usia 4-6 tahun di TK Nurya Bil Ilma Jember yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis Chi Kuadrat menghasilkan X2 hitung = 5,85 lebih besar dari X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5 %. Hasilnya menunjukan  bahwa ada Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Card terhadap Pengenalan Pra Membaca pada anak usia 4-6 tahun di TK Nurya Bil Ilma Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kustiyowati, K. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGENALAN PRA MEMBACA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NURYA BIL ILMA JEMBER. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.302
Section
Articles