Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Model Pembelajaran “Mencari Pasangan”

Main Article Content

Moch. Nursiswoyo

Abstract

Secara keseluruhan penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan, sebagaimana rancangan yang dikelmukakan  Tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan atau tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Dari hasil analisis kondisi pada saat siklus 1 dan siklus 2, rentang prosentase siswa yang belum tuntas  pada saat siklus 1 menjadi  22,22% berkurang lagi menjadi 8,33% pada siklus 2. Sedangkan prosentase  siswa yang sudah tuntas, pada saat siklus 1 77,78%,  dan pada siklus 2 menjadi 91,67%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar  pada saat siklus 1 sebesar 73,33, dan pada saat siklus 2 nilai rata-rata sebesar 79,17. Dengan demikian peneliti dan kolaborator menyepakati bahwa hasil ini sudah memenuhi target yang ditentukan, artinya penelitian tindakan kelas di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Dongko semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 pada materi Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Berkelanjutan dengan model pembelajaran Mencari Pasangan telah berhasil

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nursiswoyo, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Model Pembelajaran “Mencari Pasangan”. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(2), 113–126. https://doi.org/10.31537/ej.v3i2.224
Section
Articles