Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV SD Integral Luqman Al-Hakim Kabupaten Situbondo

Main Article Content

Nur Holifatuz Zahro

Abstract

Kecerdasan Interpersonal adalah salah satu kecerdasan yang sangat penting dikembangkan pada usia dini. Pentingnya kecerdasan interpersonal adalah supaya  anak  dapat  berbagi, berkomunikasi  dan  bergaul  dengan  orang  lain terutama dengan teman sebaya.Sekolah  yang     sasaran  dalam penelitian  ini  adalah SD Integral Lukman Al-Hakim Kabupaten Situbondo dengan pertimbangan sekolah ini menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Sekolah ini juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konotif. Implikasi dari keterpaduan ini menuntut pengembangan pendekatan proses pembelajaran yang kaya, variatif dan memerlukan media serta sumber belajar yang luas dan luwes. Sekolah ini berupaya mendidik peserta didik menjadi anak yang berkembang kemampuan akal dan intelektualnya,meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT, terbina akhlak mulia, dan juga memiliki kesehatan, kebugaran dan keterampilan dalam kehidupannya sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang tepat guna untuk mengasah kecerdasan interpersonal siswa yaitu model role playing. Berdasarkan Penelitian  yang dilakukan pada siklus  Idan siklus II tersebut dapat  diketahui  bahwa  kemampuan  interpersonal  anak  mengalami  peningkatan. Hal  ini  dibuktikan  bahwa  hasil  penelitian  pada  prasiklus  sebesar  27%,  siklus  I sebesar 54,54%, dan siklus II sebesar 81,81%. Peningkatan  ini  terjadi  karena  adanya  penyampaian  meteri yang  jelas  dan  pemberian  dorongan  yang  kuat  serta  metode  pembelajaran  yang menarik  dari  guru.  Hal  ini  disebabkan  karena  waktu  yng  digunakan  guru  untuk menyampaikan  materi  sudah  efisien  sehingga  anak  dapat  bersosialisasi  dan bekerja sama dalam memecahkan masalah secara bersama-sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zahro, N. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV SD Integral Luqman Al-Hakim Kabupaten Situbondo. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(2), 149–162. https://doi.org/10.31537/ej.v3i2.210
Section
Articles