Kegiatan Finger Painting dan Pelepah Pisang dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Glagahwero Panti Kabupaten Jember

Isi Artikel Utama

Nurdianing Rahayu
Mukhtar Zaini Dahlan
Trio Suwargono

Abstrak

Salah satu metode yang mendukung keterampilan keaksaraan anak yaitu kegiatan finger panting. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa komponen kelenturan diantaranya: melukis menggunakan jari, menyusun, dan mewarnai bahkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan motorik halus anak dan juga dapat mengasah imajinasi dan kreativitas seni dalam diri anak. Implementasi kegiatan finger painting dan pelepah pisang dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Glagahwero Panti Kabupaten Jember yaitu: guru menetapkan tema, guru mempersiapkan media, guru memberitahukan tema yang akan digunakan, guru memberitahukan media yang akan di gunakan, guru memberitahukan kepada anak cara mengerjakan tugas, guru memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak ketika mengerjakan tugasnya, guru memberikan arahan kepada anak untuk mengumpulkan tugasnya, dan yang terakhir guru melakukan evaluasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahayu, N. ., Dahlan, M. Z. ., & Suwargono, T. . (2024). Kegiatan Finger Painting dan Pelepah Pisang dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Glagahwero Panti Kabupaten Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(2), 324–333. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1923
Bagian
Articles

Referensi

Juliansyah Noor. (2013). Metodologi Penelitian?: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Grub

Kurniati & Rachmawati, Yeni. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Riduwan, M.B,A. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Dan Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenangan Pendidikan Tinggi.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Pustaka Intan Mandiri

Umar, J.M Hum. (2014). Pengantar Sejarah Seni Pertunjukkan. Surabaya: Sakura Putra Surabaya

Zuhairi, et.al. (2016). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers