Gagasan Perumusan University Values untuk Penguatan Visi-Misi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Tantangan Global
Main Article Content
Abstract
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) RI terus mengalami peningkatan sejak 2016. Pada tahun 2022 IPM RI adalah 0,750 (peringkat 114 dari 191). Tantangan pendidikan memang masih seputar kualitas pendidikan, lama pendidikan, dan kompetensi dasar, namun tantangan global yang menanti di depan ternyata lebih kompleks, yakni kompetensi olah data, teknologi, dan sosiokultural. Kompetensi harus dibangun secara kokoh berlandaskan nilai-nilai tertentu. Studi ini menguraikan gagasan pentingnya membangun university values dengan melibatkan mahasiswa. Gagasan itu digali menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian literatur dan studi perbandingan tolok ukur (benchmarking), lalu pengolahan nilai bersama oleh tim penggagas dan tim perumus university values. Hasil studi memberikan usulan university values yang lebih mengakomodasi keinginan perguruan tinggi dan rumusan nilai-nilai oleh mahasiswa, dengan harapan perpaduan nilai memberikan motivasi lebih dalam mengimplementasikannya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Ahdiat, A. (2023). Mayoritas PNS Sudah Mendekati Usia Pensiun pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/28/mayoritas-pns-sudah-mendekati-usia-pensiun-pada-2022
Angraini, R., Parawangi, A., dan Mustari, N. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Enrekang. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar, 2(3), 875–888. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index
Basri, B., dan Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273
Dua, G. K. (2022). Analysis on institutional theory, mimetic isomorphism, and firm performance. International journal of health sciences, 6(April), 5821–5832. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns3.7243
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Ginting, D. (2021). Student Engagement and Factors Affecting Active Learning in English Language Teaching. VELES Voices of English Language Education Society, 5(2), 215–228. https://doi.org/10.29408/veles.v5i2.3968
Helwig, N. E., Hong, S., dan Hsiao-wecksler, E. T. (2016). Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum (U. U. Press (ed.)).
Indiraphasa, N. S. (2023). RMI PBNU: Pemuda Hari Ini, Pemimpin dan Penentu Nasib Masa Depan Bangsa. https://www.nu.or.id/nasional/rmi-pbnu-pemuda-hari-ini-pemimpin-dan-penentu-nasib-masa-depan-bangsa-jkZlw
Joham, R. C. (n.d.). Literasi Informasi. https://spada.kemdikbud.go.id/course/view.php?id=3537
Ketut, N., dan Muliastrini, E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) pada Guru - Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. 131–138.
Kurniawan, M. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Organisasi Publik. e-journal, 26(4), 1–37. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/viewFile/672/429
Mejía, L. M. C., Del Val, M. P., dan Àngels Dasí Coscollar, M. D. S. (2020). The Institutional Isomorphism in the Context of Organizational Changes in Higher Education Institutions. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 61–73.
News. (2020). Menghadapi Era Society 5.0, Perguruan Tinggi Harus Ambil Peran. https://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50-perguruan-tinggi-harus-ambil-peran
Nurwardani, P. (2018). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 (Nomor July).
Putri, A. M. H. (2023). Soal Pembangunan Manusia, RI Kudu Belajar Dari Negara Ini. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230314113834-128-421482/soal-pembangunan-manusia-ri-kudu-belajar-dari-negara-ini
Rif’qi, A. (2018). Voluntarisme dalam Komunitas (Studi Pada Komunitas Jendela Jakarta Pusat, Manggarai, Jakarta Selatan). Repository Universitas Negeri Jakarta, 136–163. http://repository.unj.ac.id/87/
Robbins, S., dan Coulter, M. (2018). Management. Pearson Education, Inc.
Sedarmayanti, S., dan Augustinah, F. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Guna Mewujudkan Universitas Unggul. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 3(2), 456. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v3i2.2140
Sumadji, S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. In Jurnal Inspirasi Pendidikan (Vol. 5, Nomor 2). https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.799
UMSU. (2023). Pemahaman mengenai Metode Penelitian Kualitatif. https://uptjurnal.umsu.ac.id/pemahaman-tentang-metode-penelitian-kualitatif/
Yusof, N. M. (2012). Student Engagement at The Higher Learning Institutions?: The Case of Malaysia and the United Arab Emirates. Aceh International Journal of Social Sciences, 1(April), 1–10.