Pengembangan Modul Digital Layanan Bimbingan Pribadi Pada SMP Negeri 5 Trenggalek
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk (1) Perlu adanya Modul Digital Layanan Bimbingan Pribadi Pada SMP Negeri 5 Trenggalek, yang diharapkan dapat sesuai dengan kondisi ideal yaitu pembelajaran berpusat pada siswa, (2)Pengembangan Modul Digital Layanan Bimbingan Pribadi penting untuk pembelajaran yang bermaksud untuk memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan berbagai cara untuk mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran, (3) Ada berbagai macam teknologi yang dapat digunakan, mulai dari aplikasi komputer online maupun offline, teknologi presentasi seperti aplikasi Microsoft PowerPoint atau proyektor, Modul Digital, materi multimedia seperti foto atau animasi, tools untuk menilai pekerjaan siswa, permainan, dan masih banyak lagi, (4) Menggunakan RPP BK, modul digital dan post test lembar penilaian tingkat pemahaman siswa, dan (5) Dengan mengkombinasikan aneka teknologi yang tersedia, seorang guru dapat memaksimalkan potensi siswa, baik guru maupun siswa dapat menemukan cara berkomunikasi dan belajar yang lain, juga bergabung dalam aneka komunitas baru. Dengan begitu, guru dapat membuat siswa terlibat secara lebih aktif dalam pembelajaran mereka. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey. Proses pengembangan melibatkan ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Trenggalek sebagai Modul Digital Layanan Bimbingan Pribadi ini juga memberikan tanggapan dan masukannya. Penggunaan Pengembangan Modul Digital Layanan Bimbingan Pribadi Melalui Model Dick and Carey di SMP Negeri 5 Trenggalek ini efektif dapat meningkatkan interaksi belajar aktif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Modul Digital Layanan Bimbingan Pribadi ini memiliki tingkat kelayakan materi, kelayakan desain pembelajaran, dan kelayakan media pembelajaran. Sedangkan tingkat uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Arman, Adam, P., Jufra, Saidi, L. O., & Yahya, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMA / SMK di Kota Kendari Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Web Blog dan e-Modul Untuk Mendukung Pembelajaran Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 2(2).
Arochman, T., & Yosintha, R. (2020). EFFECT OF USING WEB-BLOG ON WRITING INSTRUCTION FOR ENGLISH LANGUAGE LEARNERS. Journal of Languages and Language Teaching, 8(4). https://doi.org/10.33394/jollt.v8i4.2797
Cahaya, N., Latifah, A., Firmansyah, F., & Maulana Anggita, R. (2022). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dalam Menentukan Minat dan Bakat Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Fusion, 2(02). https://doi.org/10.54543/fusion.v2i02.157
Dick, W., & Carey, L. (2015). The systematic design of instruction. 8th. In Boston, MA.
Hariyadi, S., Isrofin, B., Kurniawati, S., Semarang, U. N., Sekaran, K., Kota, G., & Tengah, J. (2022). Game Based learning dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1).
Khairuddin, K. (2022). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Mariscal-Arcas, M., Jimenez-Casquet, M. J., Saenz de Buruaga, B., Delgado-Mingorance, S., Blas-Diaz, A., Cantero, L., Padial, M., Matas, M. E., Martinez, N. M., Salas, P., Reboredo, A., Lopez-Moro, A., Corbalan, M., Latorre, J. A., Martinez-Bebia, M., Gimenez-Blasi, N., Garcia-Sola, J., & Sanchez-Moreno, G. (2021). Use of Social Media, Network Avenues, Blog and Scientific Information Systems Through the Website Promoting the Mediterranean Diet as a Method of a Health Safeguarding. Frontiers in Communication, 6. https://doi.org/10.3389/fcomm.2021.599661
Prasetyo, Udik?; Astuti, Irnin A?; Dsamo; Noor, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Pada Konsep Momentum Dan Impuls. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan FIsika, 1(2).
Pratiwi, H. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Sebagai Konselor Dalam Mewujudkan Kedisiplinan Siswa. Khazanah Akademia, 4(01). https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v4i01.71
Rizki Nuraini, E. (2022). Profil Kontrol Diri Peserta Didik Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Dan Konseling Pribadi Sosial. Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 4(1). https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.68
Salsabila, H., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Windayana, H. (2022). Peran Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah dan Menangani Kasus Bullying di Sekolah. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.228
Sari, S. P., Arizona, A., Darmawani, E., Fauzi, T., Nurlela, N., Surtiyoni, E., Putri, R. D., & Ferdiansyah, M. (2022). Penerapan Prinsip Pendidikan Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Era Kenormalan Baru. Wahana Dedikasi?: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7261
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Umami, D. A. N. (2022). Pengetahuan Dan Keterampilan Guru Bimbingan Dan Konseling Mengenai Konseling Multibudaya Di Indonesia. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.19105/ec.v3i1.5472
Wowor, M., Khuluq, K., & Sembodo, S. P. (2021). Optimization of Teaching Skills for Islamic Religious Education Teachers Web/Blog-Based in Improving Student Intelligence. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.29240/belajea.v6i1.2071