Pengaruh Penggunaan Media Video Dan Media Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text Siswa Kelas X Yang Memiliki Gaya Belajar Berbeda

Main Article Content

Elianah
Mustaji
Suhari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan dan pengaruh penggunaan media video dan media gambar terhadap kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text Siswa Kelas X; 2) perbedaan dan pengaruh gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial yang dimiliki siswa terhadap kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text Siswa Kelas X, dan 3) interaksi dan pengaruh penggunaan media dan gaya belajar terhadap kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text siswa kelas X yang memiliki gaya belajar berbeda di SMA Negeri 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan populasi dan sampel penelitian siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes serta teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur. Hasil perhitungan diperoleh bahwa 1) Nilai FA (penerapan pembelajaran) = 14,94 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari ? < 0,05 yaitu 0,000, dengan df1 = 1 dan df2 = 118 didapatkan nilai F tabel = 3,95 sehingga dapat dijelaskan bahwa F hitung > F tabel,  artinya ada perbedaan kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text pada siswa di masing-masing kelas antara yang diajar dengan menggunakan media video dengan yang diajar menggunakan media gambar di SMA Negeri 12 Surabaya, 2) Nilai FB (Faktor 2/Gaya belajar siswa) = 4,479, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari ? < 0,05 yaitu 0,036, dengan df1 = 1 dan df2 = 118 didapatkan nilai F tabel = 3,95 sehingga dapat dijelaskan bahwa F hitung > F tabel, artinya ada perbedaan kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial di SMA 12 Surabaya dan 3) Nilai FAB (faktor 1 dan 2) didapatkan nilai F hitung sebesar 8,817 dengan tingkat signifikan 0,004, perbandingan dengan F tabel dan taraf signifikan ? = 0,05; (8,817 > 3,95), sehingga dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh penggunaan model media video dan media gambar terhadap kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text ditinjau dari gaya belajar siswa yang berbeda di SMA Negeri 12 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ellianah, E., Mustaji, M., & Suhari , S. . (2024). Pengaruh Penggunaan Media Video Dan Media Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Narrative Text Siswa Kelas X Yang Memiliki Gaya Belajar Berbeda . Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 316–332. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1316
Section
Articles

References

Achsin, A., 2008. Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar-Mengajar. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Alwasilah, C. 2013. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2012, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Bina Aksara.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darmawan, D. 2016. Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar, Metromedia Mandiri Pustaka: Surabaya

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

DePorter, B. & Hernacki, M. 2010. Quantum Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatirul, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif (Langkah-langkah dalam Melakukan Penelitian Kuantitatif dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran). Surabaya: Adi Buana University Press.

Fatria, F. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasan Dan Sastra, 2(1), 138-144.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hanafiah, dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.

Kristanto, A. 2018. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Mukhtar dan Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Teknologi. Jakarta. Gaung Persada Press.

Munadi. 2012. Media Pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta. Gaung Persada Press

Okke, Kusuma Zaimar. 2015. Teori Wacana. Jakarta : Penaku

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahadi, Aristo. 2013, Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sarwani, A. (2015). Narrative Text Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Menumbuhkan Nilai Moral Peserta Didik. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 12(2). https://doi.org/10.30957/lingua.v12i2.40

Sarwani, Ahmad. 2015. Narrative Text sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Menumbuhkan Nilai Moral Peserta Didik. Lingua, 12(2): 243-254.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusdi, Milman. 2010. Keterampilan Membaca Permulaan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.