Pengembangan E-Book Bahasa Inggris Kelas XI SMA Di SMA Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek

Main Article Content

Riris Etikasari
I Nyoman Sudana Degeng
Retno Danu Rusmawati

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran Buku Elektronik (E-Book) dan memfasilitasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dalam bentuk Buku Elektronik sebagai sumber informasi yang menarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kab. Trenggalek dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Tahapan penelitian pengembangan pada model Borg & Gall. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek sebagai pengguna E-Book Bahasa Inggris ini juga memberikan tanggapan dan masukannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan E-Book Bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa E-Book Bahasa Inggris dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. (1) E-Book Bahasa Inggris Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kab. Trenggalek mampu meningkatkan motivasi siswa pada pelajaran Bahasa Inggris yang pada awalnya di anggap membosankan menjadi menyenangkan, dan (2) Respon dan tanggapan siswa terhadap E-Book Bahasa Inggris Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kab. Trenggalek ini sangat baik sehingga materi lebih cepat di pahami Dan setelah di lakukan validasi dari ahli materi, ahli desain maupun ahli media maka di harapkan E-Book Bahasa Inggris Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kab. Trenggalek ini menjadi lebih baik meskipun pengembang menyadari adanya kelemahan dan kelebihan dari E-Book Bahasa Inggris Kelas XI di SMAN 1 Kampak Kab. Trenggalek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Etikasari, R. ., Degeng, I. N. S. ., & Rusmawati, R. D. . (2024). Pengembangan E-Book Bahasa Inggris Kelas XI SMA Di SMA Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 289–302. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1313
Section
Articles

References

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). PELATIHAN SISWA/I UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TATA BAHASA INGGRIS DASAR MELALUI WEBSITE GRAMMAR. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916

Etikasari, D., & Mulyaningtyas, R. (2021). Unsur Keteladanan Tokoh dalam Buku Digital H.B. Jassin: Perawat Sastra Indonesia sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5397

Firdaus, A. F., & Untari, R. S. (2020). Pengembangan Buku Digital Berbasis Android Mata Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Dian Indonesia. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 4(2).

Hayati, K. R., & Sumiati, S. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PAUD MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRY 4.0. ABIYASA, 1(1). https://doi.org/10.33005/abiyasa.v1i1.3

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 07.

Maemonah, M. U., Purnama, S., Hamzah, N., & Fatwa, E. F. (2022). Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting?: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).

Mahdi, D. A. (2022). Improving Speaking and Presentation Skills through Interactive Multimedia Environment for Non-Native Speakers of English. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440221079811

Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Riwayatiningsih, R., Susanti, Y., Sulistyani, S., & PA, M. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru Bahasa Inggris Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18234

Tambunan, L. R., & Sundari, E. (2020). PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084

Uzer, Y. (2020). PENERAPAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY TELLING UNTUK ANAK USIA DINI. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i01.3760