Focus & Scope

Fokus utama EDUVANCE: Journal of Education for Advancement and Innovation adalah pada inovasi, pengembangan, dan transformasi pendidikan yang mencakup seluruh bidang studi dan mata pelajaran dalam dunia pendidikan formal, nonformal, dan informal. Jurnal ini hadir sebagai forum ilmiah yang menjembatani teori dan praktik pendidikan dalam berbagai disiplin ilmu.

Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian dalam pendidikan bidang studi seperti Pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PPKn, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Informatika, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Fisika, Kimia, Biologi, hingga Pendidikan Agama dari semua jenjang pendidikan.

EDUVANCE: Journal of Education for Advancement and Innovation juga mencakup pendidikan lintas bidang, seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Khusus/Inklusif, Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, dan Pendidikan Kejuruan. Semua disiplin pendidikan ini berada dalam ruang diskusi jurnal ini.

Selain itu, jurnal ini terbuka terhadap pengembangan strategi pembelajaran berbasis pendekatan inovatif seperti pendekatan saintifik, discovery learning, problem-based learning, project-based learning, hingga pembelajaran berbasis teknologi digital. Semua pendekatan ini dapat diterapkan dalam berbagai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah maupun perguruan tinggi.

Penelitian terkait pengembangan media pembelajaran interaktif, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan, serta aplikasi multimedia dalam pembelajaran juga menjadi fokus dalam jurnal ini. Termasuk di dalamnya adalah pengembangan e-learning, blended learning, dan pembelajaran daring.

EDUVANCE: Journal of Education for Advancement and Innovation juga menjangkau isu-isu aktual seperti pendidikan karakter, pendidikan multikultural, literasi numerasi, literasi digital, pendidikan abad 21, hingga penguatan profil pelajar Pancasila. Artikel yang membahas penguatan nilai-nilai lokal dalam konteks pembelajaran mapel juga mendapat perhatian khusus.

Kajian tentang evaluasi pembelajaran, asesmen autentik, pengembangan kurikulum, hingga manajemen kelas di berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan merupakan bagian penting dari cakupan jurnal ini. Penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian kuasi-eksperimen, studi longitudinal, maupun pendekatan kualitatif juga sangat diterima.

Selain penelitian akademik, jurnal ini juga menerima studi kasus, best practices, refleksi kritis guru atau dosen, serta pengembangan model pembelajaran yang telah diuji di lapangan. Seluruh kontribusi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dalam semua mata pelajaran secara menyeluruh.

Jurnal ini juga mendorong publikasi dari peneliti dan pendidik di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi, baik dari institusi negeri maupun swasta. Ruang lingkup jurnal tidak hanya bersifat nasional tetapi juga bersifat internasional untuk memperluas pengaruh dan kolaborasi keilmuan.

Dengan cakupan yang luas dan inklusif ini, EDUVANCE: Journal of Education for Advancement and Innovation menjadi wadah ilmiah yang strategis bagi pendidik lintas mata pelajaran dan program studi kependidikan dalam menyampaikan gagasan, inovasi, dan hasil penelitian yang dapat memperkuat mutu pendidikan secara berkelanjutan.