Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reading Questioning and Answering pada Materi Pewarisan Sifat untuk Meningkatkan Self Regulated Learning dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v4i2.717Keywords:
Berpikir Kritis, Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, RQA, SRLAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Reading Questioning and Answering (RQA) yang memenuhi kriteria validitas sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kotamobagu kelas IX pada tahun pelajaran 2021-2022, dengan menggunakan desain one group pre-test post-test pada uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan lembar validasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan sangat valid. Persentase validitas RPP 81,8 % dengan kategori sangat valid, LKPD 82,2 % dengan kategori sangat valid, dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis 78,3 % dengan kategori valid. Berdasarkan hasil uji validitas, pengembangan perangkat pembelajaran model RQA pada materi pewarisan sifat untuk meningkatkan SRL dan keterampilan berpikir kritis dinyatakan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles