Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Siswa di Mts Miftahul Arifin Kabupaten Situbondo

Authors

  • Dwi Nur Rikhmasari

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v3i1.503

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperaif, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar

Abstract

Metode ceramah merupakan salah satu metode pembelajaran yang berupa penyampaian (memberikan) informasi secara lisan terhadap siswa di dalam ruangan tertentu, dimana siswa diharuskan untuk mendengarkan dan mencatat segala sesuatu yang guru berikan selama proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui proses kerja kolaborasi dengan guru IPA, kepala sekolah dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo tahun pelajaran 2014-2015. Daerah penelitian ditetapkan di MTs Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo. Penelitian ini direncanakan dan dilaksanakan dengan menggunakan satu siklus. Jika pada siklus I belum berhasil, maka dapat dilaksanakan siklus II. Siklus I tersebut dapat dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting) dengan menggunakan metode TAI, observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Sehingga empat langkah utama yang saling berkaitan itu disebut sebagai satu siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas VIII MTs Miftahul Arifin Ranurejo pada siklus I belum tuntas secara klasikal dengan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 73,9%, karena KKM yang harus dicapai yaitu 75%. Rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 74,27% dengan kriteria aktif sedangkan rata-rata hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I sebesar 73,49% juga termasuk dalam kriteria aktif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30