Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Menggunakan Strategi Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Melalui Lesson Study Pada Perkuliahan Genetika
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v1i2.255Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Bleanded Learning, Genetika, Lesson StudyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa menggunakan implementasi strategi inkuiri terbimbing berbasis Blended Learning melalui Lesson Study (LS) dalam kuliah genetika. Subjek penelitian adalah 54 mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP PGRI Jember yang mengambil mata kuliah genetika, yang dibagi dalam 2 kelas, yaitu kelas A (LS pertama) dan kelas B (LS kedua). Subjek diambil secara purposive. Data diperoleh dengan 2 cara, yaitu dengan tes dan pengamatan proses pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik gains skor ternormalisasi rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sikap ilmiah pada siswa setelah proses pembelajaran genetika menggunakan strategi inkuiri terbimbing berbasis Blended Learning melalui Lesson Study. Peningkatan sikap ilmiah di kelas A adalah 0,78 di kategori tinggi, peningkatan sikap ilmiah di kelas B adalah 0,83 di kategori tinggi. Hasil pengamatan selama proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata sikap ilmiah di kelas B adalah 12,00 lebih tinggi dari nilai rata-rata sikap ilmiah di kelas A adalah 11,60. Peningkatan sikap ilmiah siswa terjadi karena penerapan strategi inkuiri terbimbing berbasis Blended Learning, siswa dapat mencari dan menemukan konsep genetika mereka sendiri dengan menggunakan teknologi informasi.