Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar pada Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan

Authors

  • Mufliha Hanna Zein Universitas Negeri Medan
  • Derlina Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i1.2292

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif, Struktur Bumi dan Perkembangannya, TSTS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperati Tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar fisika siswa SMP pada materi Struktur Bumi dan Perkembangannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 24 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai ratarata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 43,75 dan 80,93 sedangkan di kelas kontrol adalah 41,25 dan 74,37. Rata – rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 60,39 (cukup aktif), pada pertemuan II, dan pertemuan III sebesar 74,19 (aktif) dengan rata- rata sebesar 67,56 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray hasil belajar fisika siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30