Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v1i1.227Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Sistem Periodik UnsurAbstract
Penelitian ini berfokus pada permasalahan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi sistem periodik unsur melalui penerapan metode contextual teaching and learning. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan metode contextual teaching and learning terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode contextual teaching and learning dapat meningkatkan aktivitas siswa maupun guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dimana rata-rata aktivitas siswa secara klasikal adalah 73,66% , aktivitas kelompok sebesar 88,89%, dan aktivitas guru selama mengajar sebesar 90,79%. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Sistem Periodik Unsur telah dikatakan tuntas secara klasikal dengan persentase ketuntasan 80,56% pada siklus I dan 100% pada siklus II.