Respon Mahasiswa Pendidikan Biologi Unipar Jember terhadap Penerapan Media Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence)

Authors

  • Hanif Rafika Putri Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v6i2.2115

Keywords:

AI (Artificial Intelligence), Media Pembelajaran

Abstract

Pada mata kuliah Media Pembelajaran Berbasis ICT, mahasiswa dituntut kreatif untuk menghasilkan media pembelajaran Biologi berbasis digital yang tepat guna, mampu meningkatkan pemahaman siswa, mudah digunakan, serta tidak memakan waktu lama saat proses pembuatannya. Penggunaan AI dalam membuat media pembelajaran Biologi memberikan akses yang cepat dalam pemberian informasi. Penggunaan AI juga sangat relevan untuk mempermudah pemahaman konsep-konsep abstrak dalam Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon 10 orang mahasiswa pada prodi Pendidikan Biologi UNIPAR Jember setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media berbasis AI. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Secara keseluruhan, hasil survei ini menunjukkan respon yang sangat positif terhadap penggunaan media presentasi berbasis AI. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon mahasiswa memenuhi kriteria baik (68%-83,9%) dan sangat baik (84%-100%),yakni dilihat dari segi desain, materi, interaksi, dan cara penyampaian. Mayoritas peserta merasa tertarik dan melihat sesuatu yang baru dalam media ini, dengan sebagian besar merasa mudah untuk memahaminya. Berdasarkan hasil wawancara dengan 10 orang mahasiswa, seluruhnya menunjukkan pilihan yang kuat untuk menggunakan media pembelajaran berbasis AI kelak ketika mereka menjadi guru. Mereka berpendapat bahwa AI untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Dari segi efisiensi, beberapa mahasiswa mengungkapkan bahwa penggunaan media berbasis AI dapat membantu meningkatkan efektivitas pengajaran dengan cara yang signifikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-16