Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Game Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas VII SMP Kartika IV-6 Ambulu
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v6i2.2101Keywords:
Hasil Belajar, Game Ular Tangga, Model Pembelajaran PBL.Abstract
Pada penelitian ini memiliki beberapa permasalahan yang ada di sekolah seperti kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, siswa kurang memperhatikan guru, siswa mudah bosan, sering ramai sendiri, dan bermain sendiri di dalam kelas. Hal tersebut dapat diketahui pada saat ada wawancara bersama guru IPA kelas VII yang bertempatan di sekolah. Permasalahan tersebut tentunya akan menyebabkan siswa memiliki hasil belajar yang rendah sehingga dari penelitian ini dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar di kelas VII SMP Kartika IV-6 Ambulu. Penelitian ini di laksanakan di kelas VII dengan jumlah sebanyak 18 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan metode observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi sebagai hasil akhir dari penelitian ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan kategori perlu bimbingan, cukup memahami, dan mahir. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena siswa akan lebih aktif dan berpikir kritis dalam melaksanakan pembelajaran. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dapat diketahui bahwa nilai pada saat pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat meningkat. Dengan adanya penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan game ular tangga ini dapat meningkatkan hasil belajar di kelas VII SMP Kartika IV-6 Ambulu.