Pengembangan Majalah Pembelajaran Biologi Berbasis Etnobotani Makanan Khas Tradisi Saulak Pernikahan Suku Mandar, Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v6i2.1882Keywords:
Produk Pembelajaran, Purposive sampling, Validasi Ahli Materi, Validasi Ahli Media, Validasi PenggunaAbstract
Sumber belajar di era perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat penting dikembangkan sebagai sumber belajar yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan adalah mengembangkan majalah biologi sebagai sumber belajar yang valid dan kreatif berbasis etnobotani makanan khas Tradisi Saulak pernikahan Suku Mandar Banyuwangi. Metode penelitian adalah Research & Development (R&D) yang merupakan model penelitian yang menghasilkan produk atau media untuk mengembangkan dan menguji keefektifan produk. Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan sumber belajar berbasis majalah biologi adalah tahapan potensi & masalah, tahapan pengumpulan data, tahapan desain, dan tahapan validasi produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah majalah pembelajaran biologi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan. Hasil validasi menunjukan bahwa majalah yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat layak” tanpa revisi (97%) oleh validator ahli materi, kategori “sangat layak” tanpa revisi (90%) oleh validator ahli media, dan kategori “sangat layak” tanpa revisi (90%) oleh validator pengguna. Hasil rata-rata dari ketiga validator adalah 92,3% dengan kategori “sangat layak” tanpa revisi, sehingga Majalah Pembelajaran Biologi “Keanekaragaman Hayati Tumbuhan Berbasis Penelitian Etnobotani Makanan Khas Tradisi Saulak Pernikahan Suku Mandar Banyuwangi” berpotensi dimanfaatkan dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA materi keaneakaragaman hayati.