Pengembangan Media Digital Scrapbook dengan Pendekatan STEM pada Materi Interaksi dalam Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v6i2.1861Keywords:
Media Digital Scrapbook, Pendekatan STEMAbstract
Saat ini, dunia memasuki zaman society 5.0 yang dihadapkan dengan berbagai tantangan dan perubahan. Salah satu tantangan dan perubahan yang terjadi pada era society 5.0 adalah permasalahan dalam pendidikan, dimana persaingan pendidikan sangat memerlukan pemanfaatan dari penggunaan sistem teknologi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media digital scrapbook dengan pendekatan STEM pada materi interaksi dalam ekosistem. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi rancangan model Plomp terdiri dari tiga tahap: tahap analisis, tahap desain dan pengembangan prototipe dan tahap evaluasi. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 75% kategori “Layak”, sementara oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 81%. Hasil uji kepraktisan, media dinyatakan sangat praktis dengan presentase 1 respon guru sebesar 82,5% dan 3 respon siswa sebesar 88,33%. Media digital scrapbook dengan pendekatan STEM yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif pada proses pembelajaran.