Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Leaflet terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kanatang
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v6i1.1814Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Leaflet di SMP N 2 Kanatang. Jenis penelitan ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol dan 24 siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kanatang, semester genap, tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik, yaitu uji validitas dan uji reabilitas, normalitas, uji homogenitas, dan uji t (paired sampel t test) menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen adalah 80,83 lebih tinggi dari kelas yang diajar dengan menggunakan metode ceramah sebesar 71,54. Hasil pengujian hipotesis degan uji paired sampel t test diperoleh hasil sig (2-tailed) <0,05 (0,000 <0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media leaflet terhadap hasil belajar siswa di SMP N 2 Kanatang.