Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan LKPD Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Satap Padadita

Authors

  • Keni Priskila Kanatalo Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktaviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana, Sumba
  • Yohana Ndjoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Waingapu Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v6i1.1773

Keywords:

Hasil Belajar, Keaktifan, TGT, Worksheet

Abstract

Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi adalah rendahnya rata-rata hasil belajat dan kurangnya keaktifan peserta didik di kelas. Penelitian ini menganalisis peningkatan keaktifan serta capaian peserta didik SMP Satap Padadita dengan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menggunakan LKPD Worksheet. Prosedur pelaksanaan kegiatan berdasarkan prosedur PTK dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2024. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Satap Padadita. Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis rata-rata hasil belajar peserta didik pada tahap prasiklus 72,75 dengan kategori tuntas sebanyak 10 orang (35,71%), pada tahap siklus I nilai rata-rata 74,43 dengan kategori tuntas sebanyak 15 orang (53,57%), dan pada tahap siklus II nilai rata-rata 75,96 dengan kategori tuntas sebanyak 21 orang (75%). Terjadi peningkatan yang baik pada tingkat hasil belajar peserta didik, dan juga tingkat keaktifan peserta didik saat dilakukan percobaan pembelajaran dengan model TGT berbantuan media LKPD Worksheet.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-15