Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Reqol (Real Quest Outdoor Learning)

Authors

  • Ferdy Sugianto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v5i2.1490

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pencemaran Lingkungan, Outdoor Learning

Abstract

 

Proses  pembelajaran IPA hendaknya  diselenggarakan  secara  interaktif,  menyenangkan dan  memotivasi  peserta  didik  untuk  berpartisipasi  aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA akan menyebabkan kondisi proses  belajar  mengajar  tidak  kondusif  dan tidak  efektif, sehingga  menghambat  siswa dalam memahami materi  pelajar secara aktif. Pengalaman belajar yang bersentuhan langsung  dengan alam akan memberikan motivasi belajar dan pemahaman konsep yang lebih mendalam bagi siswa. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan pendekatan Outdoor Learning adalah model pembelajaran ReQol (Real Quest Outdoor Learning). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ReQol terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai motivasi belajar kelas kontrol 1,66 dengan kriteria kurang baik dan kelas eksperimen 4,06 dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan motivasi belajar pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran ReQol adalah sangat baik. Selanjutnya nilai N-Gain kelas kontrol 0,3524 dengan kriteria sedang, nilai N-Gain kelas eksperimen 0,8315 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan menggukan model pembelajaran ReQol efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-28