Pembuatan Alat Peraga Biologi Sederhana melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mahasiswa di UNIPAR Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v4i1.1046Keywords:
Alat Peraga, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Alat peraga Biologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembelajaran, di antaranya adalah sebagai alat penunjang saat menjelaskan konsep, memantapkan penguasaan materi, serta mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh siswa. Untuk menjaga kelangsungan pembelajaran Biologi melalui praktikum/eksperimen, perlu dikembangkan alternatif alat peraga Biologi yaitu alat peraga Biologi sederhana (buatan sendiri) agar pembelajaran Biologi dapat berjalan secara optimal. Model pembelajaran berbasis proyek diterapkan selama perkuliahan berlangsung agar mahasiswa dapat menghasilkan alat peraga yang tepat guna. Pembelajaran berbasis proyek (Project Base Learning) merupakan pembelajaran inovatif dan kontekstual. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi UNIPAR Jember pada semester genap 2021/2022. Sasaran penelitian mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Biologi rombel 1 yang berjumlah 30 mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: a. nilai produk alat peraga Biologi dan b. nilai video pembuatan alat peraga. Hasil untuk nilai kelayakan alat peraga, skor paling tinggi adalah 90, sedangkan untuk pembuatan video dokumantasi, diperoleh skor tertinggi juga 90. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan saat pembelajaran berbasis proyek diterapkan, maka didapat hasil yakni 80% mahasiswa sangat antusias saat mengikuti pembelajaran, dan motivasi belajar mereka tumbuh ketika menerapkan model pembelajaran ini.