PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN SISWA TUNADAKSA KELAS IV DI SDLB AD KEMALA BHAYANGKARI TRENGGALEK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
Prestasi Belajar IPA, Gaya, Tunadaksa, Metode eksperimenAbstract
Banyak faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di kelas. Diantaranya dapat disebutkan antara lain siswa, guru, kurikulum, sarana prasarana dan lingkungan belajar. Menurut Prabowo (2000 : 43), pendidikan dapat diitngkatkan mutunya melalui berbagai upaya, antara lain: pengembangan kurikulum, peningkatan mutu tenaga kerja, pengembangan kualitas proses pembelajaran, dan terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Melihat kondisi siswa di kelas IV SDLB AD Kemala Bhayangkaripada saat proses pembelajaran seperti kurangnya minat belajar, dan kurangnya perhatian saat pembelajaran berlangsung. Maka keadaan seperti ini diduga dikarenakan siswa menganggap pelajaran IPA tersebut kurang berguna yang pada akhirnya kurangnya minat anak untuk mengikuti proses pembelajaran disamping juga disebabkan oleh minimnya pendekatan pembelajaran yang dimiliki oleh guru sehingga siswa cenderung bosan dan menganggap pelajaran tersebut kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPA Tentang Gaya Melalui Metode Eksperimen Siswa Tunadaksa Kelas IV Di SDLB AD Kemala Bhayangkari Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDLB AD Kemala BhayangkariTrenggalek yang dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2019 materi IPA Tentang Gaya Melalui Metode Eksperimen . Sedangkan kelas yang dijadikan obyek dalam Classroom Action Research ini adalah siswa tunadaksaKelas IVSDLB AD Kemala BhayangkariSemester 2Tahun Pelajaran 2018/2019 yang siswanya berjumlah4 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan pada Bab IV, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran IPA tentang gaya dengan metode eksperimen dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tunadaksa Kelas IV SDLB AD Kemala Bhayangkari Trenggalek Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 . Hal itu dapat dilihat dari Prestasi Belajar siswa pada tes pembelajaran siklus I siklus II dan siklus III.Rata-rata nilai siswa saat pra siklus adalah 60 Setelah siklus I dilakukan, rata-rata nilainya meningkat menjadi 70.Sedangkan setelah siklus II, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80. Pembelajaran IPA tentang gaya dengan metode eksperimen dapat meningkatkan jumlah persentase siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM 70. Hal itu dapat dilihat dari perbandingan jumlah siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM siklus I dan siklus II. Ketuntasan klasikalpun mengalami peningkatan dari pra siklus 25% meningkat menjadi 50 % pada siklus I dan pada siklus II menjadi 100 %. Implementasi metode eksperimen dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tunadaksa Kelas IV SDLB AD Kemala Bhayangkari Trenggalek Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019