PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPK ST. PETRUS JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015 – 2016

Authors

  • Lufita Krismarini IKIP PGRI Jember
  • Umi Hanik IKIP PGRI Jember

Abstract

Layanan bimbingan belajar merupakan layanan bimbingan dan konseling yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Di SMPK ST. PETRUS Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2015 – 2016. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (kausal). Metode penentuan daerah penelitian menggunakan metode Purposive Sampling Area dengan pertimbangan tertentu yaitu SMPK ST. Petrus Jember. Jumlah subjek penelitian adalah 66 siswa menggunakan metode Populasi Research. Metode pengumpulan data menggunakan 4 metode yaitu angket, interview, observasi dan dokumentasi. Untuk pengumpulan data yang utama digunakan peneliti adalah metode angket. Dalam analisis data menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil analisis data yang diperoleh melalui penghitungan SPSS dapat diketahui korelasi antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPK ST. Petrus Jember diperoleh angka 0.537 hal ini berarti 53,7% data keduanya berpengaruh. Koefisien korelasi signifikan dengan tanda ** yaitu dengan tingkat kepercayaan sebesar 99%. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, diperoleh data bahwa Ho ditolak yang berarti ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar. Berarti dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII di SMPK ST. PETRUS Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2015 – 2016. Hal ini dapat dilihat pada hasil perhitungan angket pada hasil penghitungan SPSS.

Downloads

Published

2019-08-26

Issue

Section

Articles