PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah Ingin mengetahui Adakah Pengaruh Positif Media Sosial Facebook terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (kausal). Metode penentuan daerah penelitian menggunakan metode Purposive Sampling Area dengan pertimbangan tertentu yaitu SMP Negeri 11 Jember, Jumlah subjek penelitian 100 siswa yang ditetapkan menggunakan metode kuota proporsional random sampling tekhnik undian. Metode pengumpulan data menggunakan 4 metode yaitu, angket, interview, observasi dan dokumentasi. Serta dalam analisis data menggunakan rumus Product Moment kemudian diolah dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil analisi data yang diperoleh penghitungan SPSS dapat dilihat korelasi antara media sosial facebook dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 11 Jember diperoleh angka 0,272 hal ini berarti 27,2% data keduanya berpengaruh. Koefisien korelasi signifikan dengan tanda ** yaitu dengan tingkat kepercayaan sebesar 99%. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, diperoleh data bahwa Ho ditolak yang berati ada pengaruh positif media sosial facebook terhadap motivasi belajar siswa.Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.