PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018

Authors

  • Aini Hanik Nur IKIP PGRI Jember
  • Ida Karismatika IKIP PGRI Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (kausal). Daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling area dengan pertimbangan tertentu yaitu SMPN 7 Jember. Jumlah subyek dalam penelitian adalah 90 siswa yang di tetapkan menggunakan Pourposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu angket, interview, dan dokumentasi. Serta dalam analisis data menggunakan rumus product moment kemudian data yang diperoleh diolah dengan bantuan SPSS versi 17. Hasil analisis data yang diperoleh melalui penghitungan SPSS dapat diketahui korelasi antara Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jember diperoleh angka 0.854 hal ini berarti 85,4% data keduanya berpengaruh. Koefisien korelasi signifikan dengan tanda ** yaitu dengan tingkat kepercayaan sebesar 99%. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, diperoleh data bahwa Ho ditolak yang berarti ada pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Minat Belajar. Yang berati ada pengaruh yang signifikanantara Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar siswa.

Downloads

Published

2019-08-26

Issue

Section

Articles