https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/issue/feedSPEED Journal : Journal of Special Education2025-07-31T11:28:19+08:00Asroul Maisplb.ikipjember@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>SPEED Journal : Journal of Special Education, </strong>is the right place for publishing papers in science education, especially in the field of Special Needs Education. This journal is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially the special education of children, which can be accessed online, printed and free by the people of Indonesia and the international community. The article (article) published in <strong>SPEED Journal : Journal of Special Education</strong> is an article that has passed or completed the review process by peer-reviewed</p> <p>p-issn : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1492569750&1&&">2580-6041</a> e-issn : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1492569990&1&&">2580-7226</a></p>https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2356Penerapan Metode Kitabah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah pada Remaja Distabilitas Rungu di SLB Tunarungu Santi Rama Jakarta2025-06-23T11:32:34+08:00Rizky Pratama Putri SetyoadiRizkypratamaputri21@gmail.comPartiwi Ngayunigtyas AdiPartiwiplb.ikip@gmail.comDedy Ariyantodedyariynto903@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan metode Kitabah pada pelaksanaan pembelajaran menulis huruf hijaiyah sambung pada peserta didik remaja disabilitas rungu. Metode pembelajaran ini merupakan metode menulis dengan menampilkan sketsa contoh-contoh penulisan huruf hijaiyah secara bertahap, dari tingkat mudah ke lebih sulit dengan memperhatikan kaidah penulisan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penulis mengumpulkan data-data di lapangan mengenai bagaimana seorang guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran dengan metode kitabah dan pelaksanaan evaluasi, kendala yang dihadapi dan penanganannya, serta menentukan tingkat keberhasilan pencapaian pembelajaran dari masing-masing peserta didik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi deskriptif mengenai penerapan metode kitabah pada pembelajaran menulis huruf hijaiyah sambung bagi peserta didik disabilitas rungu. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dapat mencapai kemampuan menulis huruf hijaiyah melalui penerapan metode kitabah.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2364Penerapan Media Papan Arab Braille Terhadap Kemampuan Menghafal Titik Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Disabilitas Netra Kelas VI di SLB Negeri Branjangan Jember2025-06-26T11:16:48+08:00Novita Novitanovitacantika0000@gmail.comDedy Ariyantodedyariyanto903@gmail.comSugihartatik Sugihartatiktatik.khodijah.misnati.com@gmail.com<p>Semua siswa berhak mendapatkan pendidikan termasuk siswa yang mengalami hambatan dalam penglihatan (disabilitas netra), dengan adanya hambatan penglihatan tersebut maka, perlu adanya pelayanan khusus, terutama dalam pendidikan Agama Islam yang berlandaskan nilai-nilai luhur Alqur’an demi mencapai Ridho Allah dan mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di Akherat, Dalam mempelajari pendidikan agama Islam salah satu prosesnya adalah dengan membaca Alqur’an yang diawali dengan mengenalkan huruf hijaiyah melalui buku Iqro’. Namun buku Iqro’ tidak dapat dipergunakan oleh penyandang disabilitas netra, maka dari itu diperlukan media khusus yang dapat diraba. Seperti huruf <em>Braille</em> yang menggunakan media Papan Arab <em>Braille</em> atau <em>Pantulle. </em>Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dan meningkatkan minat siswa dalam mengenal serta menghafal titik huruf Hijaiyah <em>Braille</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi wawancara mendalam, observasi, pengumpulan data dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa disabilitas netra Di SLB Negeri Branjangan Jember menjadi lebih mudah dalam mengenali dan menghafal titik Huruf Hijaiyah <em>Braille</em>. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi SLB lain dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif lagi bagi siswanya.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2420Intervensi Dini Berbasis Visual Schedule untuk Melatih Kemandirian Anak dengan Disabilitas Intelektual Ringan2025-06-26T11:18:19+08:00Iftitah Iftitahiftitahumulk@gmail.comRenalatama Kismawiyatirenalatama@gmail.comRosika Novia Megaswarieitsme.chika@ikippgrijember.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program intervensi dini berbasis <em>visual schedule</em> untuk melatih kemandirian anak dengan disabilitas intelektual ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan satu subjek anak usia enam tahun. Intervensi dilakukan di rumah selama enam minggu, dengan fokus pada keterampilan kemandirian anak melalui kegiatan mencuci tangan, menggosok gigi, dan memakai baju. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>visual schedule</em> membantu anak memahami urutan kegiatan, meningkatkan keinginan mereka untuk berpartisipasi, dan secara bertahap membantu mereka menjadi lebih mandiri. Keberhasilan didukung oleh konsistensi pelaksanaan dan dukungan orang tua. Untuk anak dengan disabilitas intelektual ringan, <em>visual schedule</em> terbukti bermanfaat sebagai alat intervensi dini yang murah, fleksibel, dan mudah digunakan di rumah.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/933Penggunaan Video Tutorial YouTube Dalam Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Rias Peserta Didik Disabilitas Intelektual di SLB2025-06-30T16:16:26+08:00Shinta Wulandarishintawulandari2972@gmail.comRenalatama Kismawiyatirenalatama@gmail.comSugihartik Sugihartiktatik.khodijah.misnati.com@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak penggunaan video tutorial <em>YouTube</em> sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan vokasional tata rias peserta didik disabilitas intelektual. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik disabilitas intelektual di SLB C TPA Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi hasil praktik peserta didik. Data dianalisis secara tematik melalui tahapan reduksi, kategorisasi, dan interpretasi berdasarkan perspektif naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video tutorial <em>YouTube</em> meningkatkan partisipasi aktif, motivasi belajar, dan keterampilan vokasional peserta didik. Peserta didik mampu memahami urutan merias wajah, mengenali alat-alat tata rias, dan menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus secara bertahap. Selain itu, media video juga mendorong tumbuhnya rasa percaya diri dan kemandirian dalam menyelesaikan tugas. Guru menyatakan bahwa video tutorial <em>YouTube</em> mempermudah proses penyampaian materi dan memungkinkan adanya pendampingan individual yang lebih optimal. Temuan ini menunjukkan bahwa video tutorial <em>YouTube</em> merupakan media pembelajaran yang efektif, inklusif, dan adaptif untuk mendukung keterampilan vokasional peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan konten video edukatif yang kontekstual, sederhana, dan mudah diakses sebagai bagian dari strategi pembelajaran vokasional berbasis teknologi.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2422 Pembelajaran Tari Tradisional Untuk Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Disabilitas Intelektual2025-06-30T16:17:05+08:00Waqiatul Imtihanahwaqiatulimtihanah81@gmail.comRenalatama Kismawiyatirenalatama@gmail.comSugihartik Sugihartiksugihartatik1973@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran tari tradisional dalam melatih kemampuan motorik kasar anak dengan disabilitas intelektual. Anak disabilitas intelektual cenderung mengalami hambatan dalam perkembangan fisik dan koordinasi gerak, sehingga membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan menarik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SLB- C TPA Jember. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari tradisional, yang mencakup gerakan berulang dan iringan musik ritmis, mampu merangsang otot besar, meningkatkan koordinasi, serta memperkuat keseimbangan tubuh anak. Selain itu, aktivitas tari juga membantu meningkatkan konsentrasi dan rasa percaya diri anak. Pendekatan multisensori serta integrasi nilai budaya lokal turut mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa tari tradisional efektif digunakan sebagai media edukatif dan terapeutik dalam pengembangan motorik kasar anak disabilitas intelektual.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2429Penerapan Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menjahit Bagi Siswa Disabilitas Intelektual di SLB Negeri Patrang Jember2025-06-30T16:18:38+08:00Eko Sumarsonoekosumarsono404@gmail.comRenalatama Kismawiyatirenalatama@gmail.comSugihartik Sugihartatiksugihartatik1973@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menjahit pada siswa disabilitas intelektual di SLB Negeri Patrang Jember. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa disabilitas intelektual, guru keterampilan, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara bertahap dan terstruktur mampu meningkatkan keterampilan teknis siswa, seperti membuat pola, menjahit dengan mesin, dan merapikan hasil jahitan. Selain itu, ditemukan peningkatan dalam aspek afektif seperti rasa percaya diri, kemandirian, dan motivasi belajar. Proyek-proyek yang dikerjakan secara konkret memberikan makna pembelajaran yang lebih kuat dan meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dukungan guru sebagai fasilitator serta penggunaan media visual turut memperkuat efektivitas model ini. Dengan demikian, PjBL dapat dijadikan strategi pembelajaran alternatif yang aplikatif dan inklusif dalam pengembangan keterampilan vokasional siswa disabilitas intelektual.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2435Pengaruh Penggunaan Teknologi AI Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Tugas Sekolah Siswa Disabilitas Netra Kelas IX di SLBN Branjangan Jember2025-07-02T11:15:07+08:00Ahmad Safiudinahmadsafiudin001@gmail.comLailil Aflahkul Yaumalil.ndyaum@gmail.comNostalgianti Citra Prystianantaprystiananta@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menjahit pada siswa disabilitas intelektual di SLB Negeri Patrang Jember. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa disabilitas intelektual, guru keterampilan, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara bertahap dan terstruktur mampu meningkatkan keterampilan teknis siswa, seperti membuat pola, menjahit dengan mesin, dan merapikan hasil jahitan. Selain itu, ditemukan peningkatan dalam aspek afektif seperti rasa percaya diri, kemandirian, dan motivasi belajar. Proyek-proyek yang dikerjakan secara konkret memberikan makna pembelajaran yang lebih kuat dan meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dukungan guru sebagai fasilitator serta penggunaan media visual turut memperkuat efektivitas model ini. Dengan demikian, PjBL dapat dijadikan strategi pembelajaran alternatif yang aplikatif dan inklusif dalam pengembangan keterampilan vokasional siswa disabilitas intelektual.</p> <p> </p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2362Aktivitas Wirausaha Mahasiswa Disabilitas Daksa di Universitas PGRI Argopuro Jember2025-07-07T10:45:47+08:00Mariyono Mariyonomariyonom882@gmail.comAsrorul Maisasrorulmais.plb@gmail.comRenalatama Kismawiyatirenalatama@gmail.comInna Hamida Zusfindhananaahamida@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan jenis kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa disabilitas daksa di Universitas PGRI Argopuro Jember. Metode kualitatif deskriptif digunakan, dan metode pengumpulan data wawancara mendalam. Lima mahasiswa disabilitas daksa yang menjadi subjek penelitian menjalankan usaha mandiri mereka sendiri. Mereka membuat jamu tradisional, membuat pakaian, dan menjual makanan ringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mengelola usaha secara mandiri dengan menggunakan teknologi digital untuk mempromosikan dan menjual barang. Keluarga dan komunitas harus memberikan dukungan sosial agar bisnis mereka dapat bertahan. Sebaliknya, tantangan utama yang dihadapi termasuk mobilitas yang terbatas, kurangnya pelatihan kewirausahaan berbasis disabilitas, dan kurangnya akses ke fasilitas kampus. Penelitian ini menemukan bahwa wirausaha bukan hanya sumber pendapatan tetapi juga sarana untuk meningkatkan kemandirian, meningkatkan rasa hormat, dan meningkatkan peran sosial mahasiswa daksa. Hasilnya menunjukkan betapa pentingnya bekerja sama antara kampus, pemerintah, dan komunitas untuk membuat ekosistem kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan bagi penyandang disabilitas.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2551Peran Stand-Up Comedy Dalam Membentuk Sikap Masyarakat Terhadap Komunikasi Disabilitas2025-07-31T11:28:19+08:00Salman Al Farisalfas6287@gmail.comAsrorul Maisasrorulmais.plb@gmail.comLailil Aflahkul Yaumalil.ndyaum@gmail.com<p>Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan pengumpulan data. Teknik observasi ini dilakukan dengan mengamati subjek penelitian, lingkungan hidup masyarakat, dan sebagainya. Wawancara dilakukan secara spontan (tidak terstruktur) dengan subjek penelitian berkenaan dengan objek penelitian, yaitu dengan cara tanya jawab dengan subjek penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi, dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang menunjang penelitian.Penelitian ini ingin menunjukan bahwa menyaksikan pertunjukan <em>stand-up comedy</em> tentang komunikasi disabilitas dapat menyebabkan perubahan sikap positif dalam masyarakat, seperti peningkatan pemahaman, empati, dan penerimaan terhadap individu dengan disabilitas. Hasil penelitian ini digunakan untuk mengembangkan program pendidikan dan kampanye kesadaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan terhadap komunikasi disabilitas.</p>2025-07-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education