https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/issue/feedSPEED Journal : Journal of Special Education2025-01-24T02:22:33+08:00Asroul Maisplb.ikipjember@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>SPEED Journal : Journal of Special Education, </strong>is the right place for publishing papers in science education, especially in the field of Special Needs Education. This journal is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially the special education of children, which can be accessed online, printed and free by the people of Indonesia and the international community. The article (article) published in <strong>SPEED Journal : Journal of Special Education</strong> is an article that has passed or completed the review process by peer-reviewed</p> <p>p-issn : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1492569750&1&&">2580-6041</a> e-issn : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1492569990&1&&">2580-7226</a></p>https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2110Efektivitas Penggunaan Story Grammar Marker Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome di SLB di Sidoarjo2024-12-30T01:04:45+08:00Fazya Rizki Nurfadillahfazyaeren@gmail.comRizki Husadanirizkihusadani@gmail.comKiyat Sudrajadkiyatrambo@gmail.com<p><em>Down syndrome</em> mengalami keterlambatan dalam berbahasa bicara. Salah satu usaha dalam penanganan anak <em>Down Syndrome</em> yaitu terapi wicara. Intervensi yang dapat dilakukan pada terapi wicara dalam meningkatkan bahasa ekspresif salah satunya menggunakan media <em>Story Grammar Marker</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan <em>Story Grammar Marker</em> terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak <em>Down Syndrome</em> di SLB Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain <em>One-Group Pre-Test and Post-Test, </em>dengan teknik pengambilan sampel adalah <em>total sampling. </em>Tiap sampel akan diberikan <em>Pre-Test </em>menggunakan TKVE kemudian diberikan intervensi menggunakan <em>Story Grammar Marker </em>sebanyak 8 kali, yang kemudian akan di berikan <em>Post-Test</em> dan dianalisis univariat dan bivariat menggunakan uji <em>Paired T-Test</em>. Hasil <em>pre-test</em> menunjukkan nilai rata - rata<em> raw score </em>adalah 13,67. Hasil <em>pre-test</em> menunjukkan nilai rata - rata<em> raw score </em>adalah 25,83. Hasil uji <em>Paired T-Test</em> menunjukkan nilai <em>p</em> (Sig.) sebesar 0.001. Terdapat pengaruh efektivitas penggunaan <em>Story Grammar Marker </em>terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak <em>Down Syndrome</em> di SLB Sidoarjo dimana dalam penelitian ini terdapat 8 kali intervensi dan ditemukan peningkatan rata- rata <em>raw score</em> dari 13,67 menjadi 25,83 dengan nilai <em>p </em>(Sig.) sebesar 0.001. Hal ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan terhadap pemberian <em>Story Grammar Marker</em> ini dan dapat diartikan bahwa Ha diterima</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2111Pengaruh Dosis Terapi Wicara Terhadap Kemampuan Kosakata Pada Anak Gangguan Perkembangan Bahasa Di Klinik Pandugo Surabaya2024-12-30T01:07:56+08:00Herra Tri Rahayuherratrir03@gmail.comDian Atnantomi Wiliyantodian.atnantomi@poltekkes-solo.ac.idR. Asto Soesyasmoror226665794@gmail.com<p>Gangguan perkembangan bahasa adalah gangguan komunikasi yang dapat mengganggu proses belajar, memahami, dan menggunakan bahasa. Anak dengan gangguan ini sering mengalami kesulitan dalam mempelajari, mempertahankan, dan menggunakan kosakata. Gangguan perkembangan bahasa menjadi salah satu fokus utama dalam layanan terapi wicara karena prevalensinya yang paling tinggi dibandingkan masalah komunikasi lainnya. Dalam layanan terapi wicara salah satu faktor yang dapat meningkatkan kosakata anak adalah dosis terapi wicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dosis terapi wicara terhadap kemampuan kosakata pada anak gangguan perkembangan bahasa di Klinik Pandugo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode <em>mixed method research</em>, dengan desain <em>convergent parallel design, </em>di mana data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan secara bersamaan, dengan teknik pengambilan sampel adalah <em>Purposive Sampling</em>. Tiap responden akan diberikan kuesioner dosis terapi wicara, kuesioner demografi fungsional kosakata, dan wawancara terstruktur, dimana hasil data kuantitatif akan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan <em>Pearson Correlation</em><em>. </em>Hasil dosis terapi wicara di Klinik Pandugo Surabaya menunjukkan kategori tinggi, yaitu mencapai 55%, dan kemampuan kosakata 60% baik, 30% cukup, dan 10% buruk. Hasil uji <em>Pearson Correlation</em> menunjukkan nilai <em>p</em> (Sig.) sebesar 0.002. Terdapat pengaruh dosis terapi wicara terhadap kemampuan kosakata dengan nilai <em>p</em> (Sig.) sebesar 0.002 yang artinya H<sub>a</sub> diterima. Berdasarkan angka koefisien sebesar +0,656 yang berarti hubungan sangat kuat. Hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah yang artinya semakin tinggi dosis terapi wicara maka semakin baik juga kemampuan kosakatanya.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2128Pengaruh Metode Auditory Verbal Therapy Terhadap Peningkatan Kemampuan Pragmatik Pada Anak Hearing Impairment2025-01-09T06:58:01+08:00Amalia Azzahraamaliaazzahra05@gmail.comSudarman SudarmanSudarman@gmail.comRizky Husadanirizkyhusadani@gmail.com<p>Bahasa adalah suatu hal terpenting dalam kehidupan manusia, kita tidak bisa hidup dengan baik tanpa adanya bahasa. Perkembangan pemerolehan bahasa anak hearing impairment menjadi suatu hal yang penting apabila diamati kemampuan pragmatik dalam berbahasa. Anak yang mengalami gangguan pendengaran akan kesulitan berkomunikasi mereka tidak dapat mendengar apa yang dikatakan pembicara sehingga tidak dapat memberi tanggapan yang tepat. Salah satu metode intervensi untuk anak gangguan pendengaran adalah Audiotory Verbal Therapy (AVT) guna membantu mengatasi keterlambatan berbahasa lisan mereka. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Auditory Verbal Theraphy (AVT) terhadap kemampuan pragmatik pada anak hearing impairment. Metode: Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan experimental. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 anak gangguan pendengaran yang memakai alat bantu dengar di SLB-B YRTRW Surakarta menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik Wilcoxon. Hasil Skripsi: Hasil analisis menunjukan terdapat pengaruh intervensi AVT terhadap kemampuan pragmatik terhadap anak hearing impairment dengan hasil uji statistik Wilcoxon yaitu P value adalah 0,000 atau nilai P (P<0,05).</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2133Permasalahan Asesmen di Sekolah Inklusi: Studi Kualitatif Mengenai Keterbatasan dan Solusinya 2025-01-09T06:59:32+08:00partiwi ngayunigtyas adiPartiwiplb.ikip@gmail.comBudiyanto Budiyantobudiyanto@gmail.comEndang Pudjiastuti Sartinahendang@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan permasalahan asesmen di sekolah inklusi dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemerolehan data melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen dari guru kelas, guru pendamping kelas, kepala sekolah dan orang tua siswa di beberapa sekolah inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaan asesmen di sekolah inklusi, antara lain: tugas guru terkait administrasi yang berat, pemahaman guru terhadap asesmen diferensiasi yang masih kurang, terbatasnya dukungan fasilitas dan sumber daya, serta kerjasama yang kurang efektif antara guru kelas dan GPK. Peningkatan fasilitas dan teknologi asistif, pelatihan berkelanjutan bagi guru, penguatan kolaborasi antara guru kelas dan guru pendamping kelas dan kebijakan asesmen yang lebih fleksibel dan inklusif merupakan beberapa solusi yang disarankan pada penelitian ini. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa salah satu masalah pokok yang terjadi pada proses asemen di sekolah inklusi adalah tugas guru terkait administrasi yang besar, terbatasnya pengetahuan guru mengenai asesmen inklusif, minimnya sumber daya dan fasilitas serta kerjasama yang terbatas antara guru kelas dan guru pendamping kelas (GPK).</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2123PROFIL KEMAMPUAN PRAGMATIK ANAK USIA PRASEKOLAH MENGGUNAKAN ASSESMENT OF PRAGMATIC SKILL DI SURAKARTA 2024-12-30T01:09:05+08:00Leonaldo Dwi Septiawanleonaldo063@gmail.comKiyat Sudrajadkiyatrambo@gmail.comAlfiani Vivi Sutantoalfianivivi85@gmail.com<p>Pragmatik merupakan suatu kemampuan anak berupa memberikan respon saat bersosialisasi dan menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan kemampuan pragmatik berperan penting dalam proses komunikasi yang berhubungan dengan aspek linguistik. Penelitian mengenai kemampuan bahasa pragmatik di Indonesia masih jarang ditemukan sehingga penulis tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pragmatik pada anak usia prasekolah di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode <em>cross sectional </em>dengan pendekatan korelatif untuk menganalisis hubungan yang bersifat sebab-akibat menggunakan uji hipotesis <em>kendall tau</em>. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 anak dengan menggunakan teknik pengumpulan data <em>random sampling</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar norma kemampuan pragmatik anak dapat dibagi menjadi kategori kurang X < 12, kategori cukup 13 ? X < 18, kategori baik X > 18. Adanya hubungan penggunaan bahasa dengan kemampuan pragmatik yang menyatakan hasil nilai p <em>= </em>0.001 (<em>?</em>0.05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hasil lain juga ditemukan bahwa adanya hubungan pendidikan orang tua dengan kemampuan pragmatik anak yang menyatakan hasil nilai p = 0.012 (<0.05), sehingga hipotesis alternatif diterima.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2130Desain Dan Validasi Media Aplikasi Quanti-R Untuk Mata Kuliah Metode Penelitian Bagi Mahasiswa Tunanetra Dan Tunarungu Pada Kelas Inklusif Di Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret2025-01-14T01:53:16+08:00Mahardika Supratiwimahardika.s@staff.uns.ac.idGunarhadi Gunarhadigunarhadi@gmail.comErma Kumala Sarierma@gmail.comRedydian Adhitya Nugraharedydian@student.uns.ac.id<p>Mahasiswa tunanetra dan tunarungu di kelas inklusif perguruan tinggi (PT) memiliki berbagai permasalahan. Berdasarkan analisis kebutuhan pada mahasiswa disabilitas Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret (Prodi PLB UNS) penempuh mata kuliah Metode Penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa tunanetra dan tunarungu mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar dalam mata kuliah Metode Penelitian. Mahasiswa tunanetra dan tunarungu membutuhkan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhannya. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis android berupa aplikasi Quanti-R, sebagai teknologi bantu bagi mahasiswa tunanetra dan tunarungu. Aplikasi Quanti-R berisi materi, video, dan kuis terkait materi rancangan penelitian kuantitatif dalam mata kuliah Metode Penelitian, Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini mengikuti model Research & Development (R&D), dengan langkah penelitian meliputi 1) mengembangkan instrumen penilaian kebutuhan; 2) melakukan penilaian kebutuhan; 3) menganalisis data penilaian kebutuhan; 4) mengembangkan prototipe; 5) validasi produk dengan ahli dan pengguna; dan 6) revisi produk. Penelitian ini melibatkan 5 validator ahli mencakup ahli dalam ketunanetraan, ketunarunguan, metode penelitian, media pembelajaran, dan bahasa; serta 7 pengguna, yaitu 1 mahasiswa tunanetra dan 6 mahasiswa tunarungu. Instrumen validasi yang digunakan terdiri dari instrumen penilaian ahli dan evaluasi pengguna. Validasi dilanjutkan dengan diskusi kelompok terarah pada para ahli dan pengguna. Berdasarkan penghitungan CVI, hasil validasi ahli bergerak antara 0,8 hingga 1, sementara hasil validasi pengguna bergerak antara 0,86 hingga 1. Dengan demikian, aplikasi Quanti-R dianggap valid, baik oleh ahli maupun pengguna sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa tunanetra dan tunarungu dalam mata kuliah Metode Penelitian. Penelitian ini berkontribusi dalam menciptakan media pembelajaran yang inklusif dan inovatif yang mendukung pembelajaran mahasiswa disabilitas di kelas inklusif.</p> <p> </p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2132Penyusunan Strategi Peningkatan Daya Saing Journal Of Disability Melalui Analisis SWOT2025-01-15T02:08:47+08:00Munawir Yusufmunawiryusuf@staff.uns.ac.idTri Rejeki Andayaniandayani@gmail.comJoko Yuwonojokoyuwono@gmail.comMahardika Supratiwimahardika.s@staff.uns.ac.idRedydian Adhitya Nugraharedydian@student.uns.ac.id<p>Keberadaan jurnal ilmiah tidak hanya sebagai media komunikasi dari berbagai hasil penelitian dan wujud pertanggungjawaban peneliti, namun juga sebagai representasi dan eksistensi dari institusi akademik atau organisasi profesi yang menerbitkannya. Untuk itu kualitas jurnal perlu menjadi perhatian utama agar mampu bersaing dalam dunia publikasi ilmiah, tak terkecuali Journal of Disability yang diterbitkan Pusat Studi Difabilitas LPPM UNS. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kekuatan (<em>strength</em>), kelemahan (<em>weaknesses</em>), kesempatan (<em>opportunity</em>), dan ancaman (<em>threats</em>) yang dimiliki Journal of Disability dalam upaya meningkatkan daya saing jurnal dalam kancah nasional dan internasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui Analisis SWOT. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan wawancara pada tiga orang perintis dan pengelola jurnal. Pengolahan data dengan teknik analisis deskriptif dan hasil analisis disajikan dalam Matrik SWOT. Hasil analisis menunjukkan JoD masih memiliki beberapa kelemahan dari segi manajemen dan substansinya. Namun di sisi lain, JoD memiliki kekuatan dan potensi untuk berkembang. Untuk itu, penguatan sumber daya manusia dalam pengelolaan jurnal menjadi langkah utama dan strategis dalam upaya meningkatkan potensi Journal of Disability agar mampu bersaing dengan jurnal-jurnal lain yang memiliki scope yang relatif sama dan telah terindex, baik nasional maupun internasional.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2028Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Pecahan Berbantuan Alat Peraga Benda Konkret Pada Siswa Berkesulitan Belajar Kelas 3A SD Al-Irsyad Surakarta2025-01-17T02:44:01+08:00Chaesar Dewa Tamadewatama2702@gmail.comAlmuntaqo Zainuddinalmuntaqo.zain@ums.ac.idMega Dibritamegadibrita41055@gmail.comAgus Slamet Prihantonoagusslametprihantono2013@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berkesulitan belajar kelas IIIA SD Al-Irsyad Surakarta tahun pelajaran 2023/2024 dalam materi pecahan berbantuan alat peraga benda konkret. Penelitian ini mcnggunakan Penelitian tindakan kelas ditempuh secara bertahap. Tahapan tersebut meliputi tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan atau tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Tahapan tersebut disusun dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pada siswa, observasi, dan studi dokumentasi terhadap jurnal dan catatan hasil diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas IIIA SD Al-Irsyad Surakarta, dapat ditingkatkan melalui bantuan alat peraga benda-benda konkret. Telah dibuktikan pada akhir siklus II perolehan hasil tes formatif yang diperoleh siswa di akhir pembelajaran pada siklus II yang telah mencapai rata-rata 8,5 dengan persentase ketuntasan belajar 95 %. Dari 22 siswa hanya 5 % saja yang tidak tuntas.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2159Analisis Metode Pembelajaran Tilawatil Qur’an Pada Peserta Didik Disabilitas Netra di SLB Bhakti Wanita Lumajang2025-01-16T02:35:11+08:00M. Yassir Arafatyassirerefet@gmail.comAsrorul Maisasrorulmais.plb@gmail.comArifah Nurhadiyatiriefa.ariefah@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail terkait metode pembelajaran Tilawah Al-Qur’an yang diambil dari interpretasi Peserta Didik, serta mengetahui jenis metode pembelajaran yang lebih dipilih Peserta Didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Pendekatan Kualitatif- <em>In</em><em>terpretative</em>. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap Peserta Didik memiliki teknik dan metode belajar Tilawah yang berbeda untuk digunakan. Pada prakteknya, ada tahapan-tahapan yang diimplementasikan oleh pembina dalam belajar Tilawah yang disesuaikan dengan kemampuan setiap peserta didik. Selain sejumlah tantangan dan kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam belajar Tilawah, peneliti juga menemukan adanya kendala, yakni minimya tenaga pengajar yang berkualitas atau berkompetensi di bidang Tilawah, serta minimya dukungan keluarga terhadap kegiatan Tilawah jika dilaksanakan di luar jam sekolah.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2204Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Kelas III dan IV di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang 2025-01-22T01:00:51+08:00Elda Despalantrielda.despalantri@gmail.comAnggawati Imanniyahanggaimanniyah@gmail.comUlfy Marsyahulfymarsyah7@gmail.comAnnisa Annisaannisaontonius@gmail.com<p>Kesulitan belajar merupakan kekurangan yang tidak nampak secara lahiriah. Ketidak mampuan dalam belajar tidak dapat dikenali dalam wujud fisik. Kesulitan belajar tidak selalu disebabkan karena faktor intelligensi yang rendah, akan tetapi dapat juga disebabkan karena faktor lain di luar intelligensi. Ada berbagai jenis kesulitan belajar seperti, disleksia, diskalkulia dan disgrafia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui anak dengan permasalahan kesulitan belajar di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada 48 orang siswa di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang yang dimana kelas 3 sebanyak 30 dan kelas 4 sebanyak 18 orang, didapatkan hasil yaitu kelas 3 memiliki 2 orang anak yang mengalami kesulitan belajar. Keduanya kesulitan belajar dalam membaca (disleksia) dan menulis (disgrafia). Siswa kelas 4, terdapat 2 orang yang mengalami kesulitan belajar menulis. Akibatnya Siswa dengan disleksia sering mendapatkan nilai rendah dan menghindari kegiatan membaca. sehingga kesulitan juga terhadap pelajaran matematika bentuk soal cerita. Selain itu siswa juga memiliki tulisan yang kurang rapi dan ada beberapa penghilangan huruf saat menulis kalimat. penelitian ini semoga bermanfaat bagi guru dan orang tua sebagai bahan pevaluasi untuk Tindakan lanjut dilakukan kepada anak.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Educationhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/2201Pengaruh Video Tutorial Pembuatan Aksesoris Manik- Manik Terhadap Kemampuan Vokasional Bagi Anak Disabilitas Rungu Ringan2025-01-21T00:22:21+08:00Arifah Nurhadiyatiriefa.ariefah@gmail.comAngger Timansahanggertimansah@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji pengaruh video tutorial pembuatan aksesoris manik-manik terhadapa kemampuan vokasional anak disabilitas rungu ringan. Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh video tutorial pembuatan aksesoris manik-manik terhadap kemampuan keterampilan vokasional anak disabilitas rungu ringan dalam membuat aksesoris. Tujuan untuk mengetahui kemampuan vokasional dalam membuat aksesoris manik-manik anak disabilitas rungu. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain <em>one group pre-test-post-test. </em>desain <em>one group pretest-post-test</em>. Sampel dengan penelitian ini adalah 2 siswa disabilitas rungu ringan dan 2 siswi disabilitas rungu ringan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua siswa mengalami peningkatan setelah di berikan <em>treatment </em>menggunakan video tutorial.</p>2025-01-24T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education