https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/issue/feedSANDHYAKALA : Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya2023-08-11T07:13:14+08:00Mohamad il badrisandhyakala.journal@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong><em>Sandhyakala</em> :</strong> Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya. Terbit pertama kali bulan Januari 2020 dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli. Redaksi mengundang para penulis untuk mengirimkan artikel-artikel hasil penelitian dan karya ilmiah yang berkaitan dengan pendiddikan sejarah, sosial dan budaya yang telah dilaksanakan.</p>https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/article/view/1243E-POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X IPS 1 DI SMAN 1 KENCONG2023-07-26T06:43:17+08:00Wiji AstutikWijiastutik1200@gmail.comIlfiana Firzaq Arifinilfianafirzaq@gmail.comM. Iqbal Ibrahim Hamdaniiqbal.ikip3@gmail.com<p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Keterlibatan perempuan menjadi biasa dan bukan masalah hanya demi untuk terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Perempuan ikut terlibat dalam perdagangan hasil tangkap ikan. Perempuan berbondong di tepian dermaga untuk mengambil ikan hasil tangkapan para nelayan laki laki yang umumnya adalah suami-suami nelayan perempuan. Dengan berbekal timbangan kecil para perempuan berkerumun di TPI pada dini hari, umumnya masyarakat pesisir menyebutnya <em>Reng Timbengan.</em> Aktifitas perdagangan pada dini hari terlihat sudah umum dalam masrakat di kalangan perempuan nelayan Pesisir Besuki. Mereka terlibat aktif untuk mempertahankan perekonomian keluarga dengan bentuk kerja sama yang sangat hebat. Tidak ada istilah tabu dalam peran ini, sebab meraka memahami bagaimana dapat bekerja dengan memperoleh hasil maksimal untuk kelangsungan hidup rumah tanggan nelayan tradisional. Kajian ini menarik menurut penulis sebab tidak semua wilayah pesisir memiliki keunikan dalam peran perempuan yang ikut terlibat dalam perdagangan ikan meski hanya dalam kapasitas yang kecil. Peran ekonomi rumah tangga nelayan yang sudah disepakati dengan tujuan untuk keberlangsungan ekonomi rumah tangga nelayan sederhana.</p>2023-08-11T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Wiji Astutik, Ilfiana Firzaq Arifin, M. Iqbal Ibrahim Hamdanihttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/article/view/1244PEREMPUAN DAN PERDAGANGAN IKAN LAUT DI PESISIR BESUKI KABUPATEN SITUBONDO JAWA TIMUR2023-07-26T06:59:50+08:00Mohamad il Badriil.badri@yahoo.comRina Rohmawatirina.manis@gamail.com<p>Keterlibatan perempuan menjadi biasa dan bukan masalah hanya demi untuk terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Perempuan ikut terlibat dalam perdagangan hasil tangkap ikan. Perempuan berbondong di tepian dermaga untuk mengambil ikan hasil tangkapan para nelayan laki laki yang umumnya adalah suami-suami nelayan perempuan. Dengan berbekal timbangan kecil para perempuan berkerumun di TPI pada dini hari, umumnya masyarakat pesisir menyebutnya <em>Reng Timbengan.</em> Aktifitas perdagangan pada dini hari terlihat sudah umum dalam masrakat di kalangan perempuan nelayan Pesisir Besuki. Mereka terlibat aktif untuk mempertahankan perekonomian keluarga dengan bentuk kerja sama yang sangat hebat. Tidak ada istilah tabu dalam peran ini, sebab meraka memahami bagaimana dapat bekerja dengan memperoleh hasil maksimal untuk kelangsungan hidup rumah tanggan nelayan tradisional. Kajian ini menarik menurut penulis sebab tidak semua wilayah pesisir memiliki keunikan dalam peran perempuan yang ikut terlibat dalam perdagangan ikan meski hanya dalam kapasitas yang kecil. Peran ekonomi rumah tangga nelayan yang sudah disepakati dengan tujuan untuk keberlangsungan ekonomi rumah tangga nelayan sederhana.</p>2023-08-11T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Mohamad Il Badri, Rina Rochmawatihttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/article/view/1252STUDI KASUS LATAR BELAKANG GURU MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN LUMAJANG2023-07-27T07:41:08+08:00Muhamad Fuad aminfuad8412@gmail.comM. Iqbal Ibrahim iqbal.ikip3@gmail.comIlfiana Firzaq ilfianafirzaq@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang guru mata pelajaran sejarah oleh guru sejarah yang tidak sesuai dengan bidang nya. Pendekatan ini menggunakan rancangan studi kasus, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang di pilih diantara nya guru linier, guru non-linier , dan siswa. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian pada ketiga subjek dapat diketahui, (1) Latar belakang guru mata pelajaran sejarah, (2) Kesiapan guru mata pelajaran sejarah, (3) Pengaruh Linieritas terhadap pemahaman siswa . dari ketiga subjek . Guru yang sesuai dengan bidang yang diampunya lebih cenderung siswa memahami dalam menyampaikan materi. Sedangkan guru yang tidak sesuai dengan bidang yang di ampunya siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran sejarah.</p>2023-08-11T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Muhamad Fuad amin, M. Iqbal Ibrahim , Ilfiana Firzaqhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/article/view/1322STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS 8 DI SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI JEMBER TAHUN 20222023-08-11T06:21:45+08:00Leily Puspita Septiyantiayuhimmah3@gmail.comM. Iqbal Ibrahim HamdaniIqbal.ikip@gmail.comIlfiana Firzaq Arifinilfianafirzaq@gmail.com<p>Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kendala yang dirasakan siswa kelas Siswa Kelas 8 di SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan data nilai UTS pelajaran IPS yang diperoleh siswa pada saat pembelajaran daring lebih rendah di bandingkan nilai uts siswa pada saat luring atau tatap muka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Pembelajaran luring dirasakan lebih efektid daripada pembelajaran dengan model daring. Kesimpulannya adalah bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode luring lebih tinggi dan lebih baik daripada hasil belajar daring.</p>2023-08-14T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Leily Puspita Septiyanti, M. Iqbal Ibrahim Hamdani, Ilfiana Firzaq Arifinhttps://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/article/view/1323INTERAKSI SOSIAL SYIAH DAN SUNNI DI JEMBER 2000-20232023-08-11T06:36:31+08:00Nana Fitriana ArifinNanafitriana1302@gmail.com<p>Penelitian ini membahas tentang sejarah konflik Syiah dan Sunni di Jember pada tahun 2012-2013. Penelitian ini juga akan memaparkan bagaimana interaksi antara konflik Syiah-Sunni di Jember, dan implikasi yang ditimbulkan dari adanya konflik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari (1) Heuristik atau pengumpulan data, (2) Verifikasi atau kritik sumber, (3) Interpretasi atau analisis fakta sejarah, (4) Historiografi atau penulisan sejarah. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Terjadinya peristiwa penyerangan warga Sunni terhadap pihak Syiah yang terdiri dari beberapa faktor penyebab konflik tersebut terjadi pada tahun 2013. (2) Konflik tersebut menimbulkan beberapa dampak pada masyarakat yakni, kerusakan pada beberapa rumah warga, kerusakan fisik hingga adanya korban jiwa, dan perubahan sikap keagamaan warga setempat.</p>2023-08-14T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Nana Fitriana Arifin