PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Neviyani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Febrina Gerhan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Moch. Ali Wafi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i1.989

Keywords:

Kondisi Sosial Ekonomi, Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi iioleh iikepedulian iipeneliti iiterhadap dunia pendidikan khususnya di MA Madinatul iiUlum iiCangkring iiJenggawah iiJember menunjukkan bahwa siswa masih kurang produktif iidalam iihasil iibelajar iisiswa. iibelajar siswa. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh iiyang iisignifikan iikemandirian   terhadap   hasil   belajar siswa. (3) Untuk mengetahui ada iitidaknya iipengaruh iisimultan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian siswa iterhadap iihasil belajar siswa.   Penelitian   ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian   sensus.   Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan   XII   MA   Madinatul   Ulum.   Dalam penelitian   ini   pengumpulan   data    menggunakan   observasi   dan   angket.   Teknik   analisis data yang digunakan adalah Regresi   Linier   Berganda   RLB   (Multivariate   Linear Regression). Hasil   penelitian   ini.   (1)   Terdapat   pengaruh   kondisi   sosial   ekonomi   orang tua terhadap hasil belajar siswa, diperoleh hasil   nilai   signifikansi   0,04   kurang dari   0,05   dan   t hitung lebih dari t   tabel   (2,954   lebih dari   2,032).   Yang   artinya   terdapat   pengaruh   kondisi   sosial ekonomi     orang     tua     X1     terhadap     hasil     belajar     siswa     Y.     (2)     Terdapat pengaruh kemandirian   siswa   terhadap   hasil   belajar   siswa,   diperoleh    hasil    nilai signifikansi 0,03 kurang dari 0,05 dan t hitung lebih dari t   tabel   (2,642>   2,032)   .   (3)   Artinya   ada pengaruh kemandirian   X2   terhadap   hasil   belajar   siswa   Y.   Ada   pengaruh   simultan kondisi sosial ekonomi orang tua X1 dan kemandirian X2 terhadap hasil belajar siswa.Hasil  tersebut        diperoleh         dari      nilai     f          hitung  sebesar 6,539   lebih dari          3,32,    dan nilai signifikansi 0,04 kurang dari 0,05.

References

Chaplin. 1993. Kamus Psikologi. Jakarta; Rajawali Press.

Muhammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta; Bumi Aksara.

Muhibin, Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo

Soerjono, Soekanto. 1995. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Downloads

Published

2023-02-22