PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i1.989Keywords:
Kondisi Sosial Ekonomi, Kemandirian dan Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi iioleh iikepedulian iipeneliti iiterhadap dunia pendidikan khususnya di MA Madinatul iiUlum iiCangkring iiJenggawah iiJember menunjukkan bahwa siswa masih kurang produktif iidalam iihasil iibelajar iisiswa. iibelajar siswa. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh iiyang iisignifikan iikemandirian terhadap hasil belajar siswa. (3) Untuk mengetahui ada iitidaknya iipengaruh iisimultan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian siswa iterhadap iihasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII MA Madinatul Ulum. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda RLB (Multivariate Linear Regression). Hasil penelitian ini. (1) Terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa, diperoleh hasil nilai signifikansi 0,04 kurang dari 0,05 dan t hitung lebih dari t tabel (2,954 lebih dari 2,032). Yang artinya terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua X1 terhadap hasil belajar siswa Y. (2) Terdapat pengaruh kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa, diperoleh hasil nilai signifikansi 0,03 kurang dari 0,05 dan t hitung lebih dari t tabel (2,642> 2,032) . (3) Artinya ada pengaruh kemandirian X2 terhadap hasil belajar siswa Y. Ada pengaruh simultan kondisi sosial ekonomi orang tua X1 dan kemandirian X2 terhadap hasil belajar siswa.Hasil tersebut diperoleh dari nilai f hitung sebesar 6,539 lebih dari 3,32, dan nilai signifikansi 0,04 kurang dari 0,05.
References
Chaplin. 1993. Kamus Psikologi. Jakarta; Rajawali Press.
Muhammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta; Bumi Aksara.
Muhibin, Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo
Soerjono, Soekanto. 1995. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Neviyani , Febrina Gerhan, Moch. Ali Wafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.