STUDI ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA BAITUL ARQOM BALUNG KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i1.987Keywords:
Sekolah, Guru Sejarah, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan memperoleh gambaran mengenai kesiapan sekolah dan guru sejarah dalam IKM, bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Baitul Arqom pada mata pelajaran sejarah di kelas X, serta bagaimana perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah di kelas X dalam mengimplementasikan Kuriklum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Baitul Arqom telah berjalan dengan baik dengan memfasilitasi guru untuk mengikuti serangkaian pelatihan dan sosialisasi baik secara langsung masupun secara daring. Demikian juga dengan mewajibkan para guru, khususnya guru sejarah untuk mengikuti pelatihan mandiri melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sementara itu perangkat pembelajaran juga mengalami perubahan dari kurikulum sebelumnya, yaitu digunakannya istilah-istilah baru misalnya Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran dan beberapa istilah yang lain. Meskipun pada tahapan implementasinya, guru masih berusaha beradaptasi dengan penggunaan istilah-istilah tersebut. Selain itu, yang menjadi penekanan dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini yaitu adanya Profil Pelajar Pancasila.
References
Andriani, Wahyu., & Purnomo, Heru. 2021. Ipmlementasi Kurikulum Darurat pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Bugel. Jurnal Dikdas Bantara Vol.4, No.2, Agustus 2021 (Page : 117-126), p-ISSN 2615-4285 & e-ISSN 2615-5508. Sukoharjo : Universitas Veteran Bangun Nusantara.
Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek. 2022. Kepmendikbudristek nomor 044 / H / KR / 2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemendikbudristek (diakses dari laman : http://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/044_H_KR_2022.pdf)
Cerelia, JJ., dkk. 2021. Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika X, p-ISSN 2087-2590 & e-ISSN 2599-2546. Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
Jannah, Faridahtul., dkk. 2022. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy : Jurnal sosial, Humaniora, dan Pendidikan Vol.4, No.2, Oktober 2022 (Page : 55-65)., p-ISSN 2964-6472 & e-ISSN 2961-7278. Jember : STIS Nurul Qarnain.
Kemendikbudristek. 2022. Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan)
Munajim, Ahmad.,dkk. 2020. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. Dwija Cendikia Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No. 2 tahun 2020 (Page : 285-291), p-ISSN 2581-1843 & e-ISSN 2581-1835. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Nugraha, Tono Supriatna. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum Vol. 19, No. 2 tahun 2022 (Page : 251-262), p-ISSN 1829-6750 & e-ISSN 2798-1363. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta : Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2022. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang : Media Nusantara Kreatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Iqbal Ibrahim Hamdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.