PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VIII DI SMP AS-SHIDDIQI CURAHLELE TAHUN AJARAN 2020-2021

Authors

  • Lutfi Ardianto Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i1.984

Keywords:

crossword puzzle (teka-teki silang), minat belajar, mata pelajaran sejarah

Abstract

 

Tercapainya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dapat dimulai dari meningkatkan minat belajar siswa di dalam kelas. Minat belajar merupakan hal yang perlu dikembangan oleh guru, agar siswa terangsang untuk tetap cenderung memerhatikan didalam saat proses belajar mengajar berlangsung.Berdasarkan hasil wawancara baik dengan guru mata pelajaran IPS serta siswa kelas VII SMP As- Shiddiqi Curahlele, didapati pernyataan yakni minat belajar siswa masih kurang. Maka dari itu peneliti mencoba memberikan solusi berupa penerapan metode pembelajarn crossword puzzle guna dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk melihat hasil dari penerapan metode crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap peningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di dalam kelas, yang dilaksanakan di kelas VII SMP As-Shiddiqi Curahlele melalui jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dirancang melalui skenario penelitian tindakan kelas melalui 2 tahapan siklus didalamnya. Perubahan tingkat minat belajar siswa sendiri akan diukur melalui uji angket minat belajar. Berdasarkan uji penelitian tindakan kelas ini sendiri, peneliti berhasil mengumpulkan data minat belajar siswa yakni pada uji siklus 1 (pre test = 52,96%) dan (post test 1 = 60,60%), dilanjut pada siklus 2 (post test 2 = 78,08%). Sehingga dapat dikatakan penerapan metode  crossword puzzle (teka-teki silang) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas.

References

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah Dan Implikasinya Terhadap Penyelengggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Abdullah. 2016. Etika Pendidikan. Talang Jambi: PT. Raja Grafindo Perkasa

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Pranata, Dani. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas V MI Al-Muhajirin Pajang. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4309/ Diakses pada tanggal 1 September 2020

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Metode Group

Suyanto. 2011. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Metode

Zaini, Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center For Teching Staff Development).

Downloads

Published

2023-02-22