PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VIII DI SMP AS-SHIDDIQI CURAHLELE TAHUN AJARAN 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i1.984Keywords:
crossword puzzle (teka-teki silang), minat belajar, mata pelajaran sejarahAbstract
Tercapainya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dapat dimulai dari meningkatkan minat belajar siswa di dalam kelas. Minat belajar merupakan hal yang perlu dikembangan oleh guru, agar siswa terangsang untuk tetap cenderung memerhatikan didalam saat proses belajar mengajar berlangsung.Berdasarkan hasil wawancara baik dengan guru mata pelajaran IPS serta siswa kelas VII SMP As- Shiddiqi Curahlele, didapati pernyataan yakni minat belajar siswa masih kurang. Maka dari itu peneliti mencoba memberikan solusi berupa penerapan metode pembelajarn crossword puzzle guna dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk melihat hasil dari penerapan metode crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap peningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di dalam kelas, yang dilaksanakan di kelas VII SMP As-Shiddiqi Curahlele melalui jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dirancang melalui skenario penelitian tindakan kelas melalui 2 tahapan siklus didalamnya. Perubahan tingkat minat belajar siswa sendiri akan diukur melalui uji angket minat belajar. Berdasarkan uji penelitian tindakan kelas ini sendiri, peneliti berhasil mengumpulkan data minat belajar siswa yakni pada uji siklus 1 (pre test = 52,96%) dan (post test 1 = 60,60%), dilanjut pada siklus 2 (post test 2 = 78,08%). Sehingga dapat dikatakan penerapan metode crossword puzzle (teka-teki silang) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas.
References
Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah Dan Implikasinya Terhadap Penyelengggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Abdullah. 2016. Etika Pendidikan. Talang Jambi: PT. Raja Grafindo Perkasa
Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Pranata, Dani. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas V MI Al-Muhajirin Pajang. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4309/ Diakses pada tanggal 1 September 2020
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Metode Group
Suyanto. 2011. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Metode
Zaini, Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center For Teching Staff Development).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lutfi Ardianto, Ilfiana Firzaq Arifin, M. Iqbal Ibrahim Hamdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.