PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI PERISTIWA SEPUTAR PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK AL-AZHAR LEDOKOMBO
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v3i2.926Keywords:
Penerapan, Metode Penelitian, Media Pembelajaran Komik DigitalAbstract
Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas X SMK Al-Azhar Ledokombo dalam mata pelajaran sejarah. Dibuktikan dengan hasil nilai sejarah siswa tidak sampai pada kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yang hanya 65 dan juga dari hasil pra tindakan yang hanya mencapai 40,8% dengan kategori lemah. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan media pembelajaran komik digital untuk diterapkan kepada siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) milik Ariknto yang terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan media pembelajaran komik digital terdapat peningkatan minat belajar siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk minat belajar siswa pada siklus I mencapai prosentase 69,40% (kuat), sedangkan pada siklus II minat belajar siswa mencapai prosentase 76,40% (kuat). 2) sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas (PTK).
References
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara di https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ&hl=id&source=gbs_slider_cls_metadata_7_mylibrary di akses 3 Februari 2021
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1(2), 113-122. https://mathline.unwir.ac.id/index.php/Mathline/article/view/23. Diakses pada tanggal 27 Juli 2020.
Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad KE-21. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol 2 , 61-72. https://ejournal.upi.edu/index.php/historia/article/view/16630. Diakses tanggal 27 Juni 2020.
McCloud, Scott. (2008). Memahami Komik. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. https://books.google.co.id/books?id=KK5-g72wjMIC&hl=id diakses 22 Desember 2021
Nugroho E. 2008. Pengenalan Teori Warna. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Smith, Andrew. (2006). Teaching With Comics. University of Lethbridge. https://www.uleth.ca/sites/default/files/Teaching%20with%20Comics%20-%20ASmith%20-%20Unit%20Plan.pdf di akses 8 Juli 2021
Soedarso, Nick. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Jurnal Humaniora Vol (6) 4 https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3378 diakses 20 September 2021
Tamara, Aizha Syonia. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Keterampilan Proses Sains Peserta didik kelas X Pada Materi Ekosistem Mata Pelajaran Biologi Di Tingkat SMA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ayu Faiqotul Himmah, M. Iqbal Ibrahim Hamdani, Agi Ma’ruf Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.