IMPLEMENTASI MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA ISLAM AL-HIDAYAH

Authors

  • Irfan Agus Saputra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v3i2.924

Keywords:

Impelementasi, Media Pembelajaran Powtoon, Mata Pelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian Latar belakang yang dilakukan oleh peneliti adalah adanya kesulitan yang di alami oleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran sejarah, seperti yang telah dituturkan oleh guru mata pelajaran sejarah di SMA Islam Al-Hidayah bahwa, mata pelajaran Sejarah Indonesia dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Hal itu dibuktikan dengan Dari 25 rata-rata nilai ulangan harian hanya memperoleh 60,42, sedangkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) mata pelajaran Sejarah Indonesia semester I tahun pelajaran 2020/2021 adalah 76 dan hasil pra tindakan atau pre test hanya 40% dengan kategori lemah. Maka dari itu peneliti mengunakan media pembelajaran Powtoon. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart model ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam implementasi media powtoon terdapat peningkatan minat belajar siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk minat belajar siswa pada siklus I mencapai prosentase 67% (kuat), sedangkan pada siklus II minat belajar siswa mencapai prosentase 77% (kuat). 2) sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas (PTK).

References

Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka bekerja sama dengan CV. Rajawali.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Pengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Saefuddin dan Berdiati. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA. Aksara

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya). FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Di akses 27 Juli 2021.

Skripsi: Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMPN 25 Kota Bandung). Jurnal Edutcehnologia, Universitas Pendidikan Indonesia, 3(2): article/view/8957.

Di akses 3 Desember 2021.

Skripsi: Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Putra. Rineka Cipta Rakyat.

Diakses 15 September 2021

Skripsi: Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Diakses 19 September 2021

Downloads

Published

2023-02-09