IMPLEMENTASI MEDIA SCRUMCLE WORD PUZZLE PELAJARAN SEJARAH PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME XI IPS SMAI AL-HIDAYAH 2021
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v3i2.922Keywords:
Media Implementation, Scrumble Word Puzzle, Proclamation Materials, Increasing the Sense of NationalismAbstract
Peneliti membuat skripsi dengan latar belakang kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah SMA ISLAM AL-HIDAYAH yang terbilang kurang menarik yang disebabkan oleh beberapa hal yakni kurangnya memanfaatkan media elektronik seperti proyektor. Dan kurangnya sikap atau rasa nasionalisme siswa di sekolah. Dengan latar belakang ini membuat peneliti ingin meningkatkan rasa nasionalisme. Dengan permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode scrumble word puzzle dengan materi proklamasi. Peneliti menyampaikan dengan media eletronik sebagai pendukung Menurut Arikunto dkk (2015) terdiri dari 2 siklus. Pra siklus terdiri dari 58%, siklus 1 terdapat 74% dan siklus ke 2 terdapat 79%. Dengan demikian penelitian diselesaikan karna adanya peningkatan.
References
Amin, M. D. (2009). Puzzle Aksara Jawa Dari Kardus Bekas Sebagai Media Inovatif Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Satu Kelas IV Min Ngloro, Saptosari, Gunung Kidul. Pelita , IV, 02. Diunduh tanggal 13 desember 2021
Apriada Pane, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 3, 2. diunduh tanggal 13 desember 2021
Aulia Sintya, S. (2017). Permainan Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Mneyusun Kalimat Sederhana Siswa Tunarungu. Jurnal Ortopedagogia , 3 (1), 13-18. diunduh tanggal 11 januari 2021
Damayanti, A. (2017). Pengaruh Tayangan Film "Guru Bangsa : Tjokroaminoto" Terhadap Rasa Nasionalisme Siswa-Siswi Smun 4 Depok. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi , 1, 1. diunduh tanggal 25 januari 2021
Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 03, 02. diunduh tanggal 17 januari 2021
Handayani, B. D. (2011). Efektivitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (collaborative learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Sektor Publik Pokok Bahasan Akuntansi Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan , VI, 66-77. diunduh tanggal 14 desember 2021
Khomsoh, R. (2013). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1, 2. diunduh 19 januari 2021
Maimunnah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. JURNAL AL-AFKAR , V, 1. diunduh tanggal 20 januari 2021
Maisari, A. (2019). Implementasi Media Puzzle 3D PKN Untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Demokrasi Pada Peseta Didik Kelas X MA NU Tanjung karang. Digital Repository Unila , 33. diunduh tanggal 27 januari 2021
Ricky Iferdy Mamahit, V. T. (2017). Rancangan Bangun Aplikasi Wors Game Scramble Untuk Pengenalan Budaya Minahasa. E-Journal Teknik Informatika , 11, 1. diunduh tanggal 18 januari 2021
Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah. Pembelajaran Sejarah di Sekolah Dari Pragmatis ke Idealis , 7, 1. 18 januari 2021
Supriadi, A., Matnuh, H., & Mitha. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Man 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan , 4, 8. diunduh tanggal 22 januari 2021
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 2, 2.diunduh tanggal 23 juli 2020
Skripsi Deti Detia Sari, A. D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Scrumble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Negara Berkembang Dan Negara Maju Dikelas IX A. VOX Edukasi , 8, 2.
Skripsi Indriani Bailing, J. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scrumble Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Sains, Matematika, Edukasi (JSME) FMIPA UNIMA , 5, 2.
Skripsi Sulastri. (2018). Penerapan Pembelajaran Scrumble Untuk Meningkatkann Hasil Belajar Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 3 Rembang Semester 1 Tahun pelajaran 2015/2016. Didaktika Pgri , 4, 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M. Iqbal Ibrahim Hamdani, Hikam Firliyanti, Ilfiana Firzaq Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.