JEJAK GLIPANG: DAYA UNGKIT BANGKITNYA NASIONALISME PRIBUMI DAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA 4B
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v3i1.907Keywords:
kebudayaan, fenomenologi, posmodernisme, nasionalisme, patiwisataAbstract
Kebudayaan merupakan suatu gagasan yang selalu digunakan oleh manusia dalam menjalani kehidupannya, baik untuk memelihara dan menyesuaikan diri maupun untuk menguasai lingkungan alamnya. Kabupaten Probolinggo merupakan kawasan budaya Pandhalungan atau yang sering disebut dengan budaya Jowoduro. Pertemuan dua etnis yang berbeda ini memunculkan budaya yang unik. Hasil dari percampuran budaya ini adalah terbentuknya Tari Kiprah Glipang di kawasan Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar yang menggambarkan bagaimana para prajurit pergi ke medan perang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus pada penelitian lapangan dengan menggunakan desain penelitian fenomenologis Edmund Huserl dan menggunakan paradigma postmodernisme Lyotard. Penentuan informan dalam penelitian ini adalah melalui snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa kesenian glipang menurut kajian sejarahnya bermula dari seorang seno truno, seorang pemuda pendatang dari Madura yang kemudian menetap di Desa Pendil karena tugas dan wewenangnya sebagai mandor tebu di sebuah pabrik gula milik pemerintah kolonial Belanda. Akibat kesewenang-wenangan pemerintah kolonial, Seno Truno bersama masyarakat adat Desa Pendil menciptakan gerakan tari sebagai simbol perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda.
References
Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Faturrohman, Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: UI-Press
------------------. 1998. Pengantar Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta.
------------------. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
------------------. 2003. Pengantar Antropologi I. Jakarta: PT Rineka Cipta
Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik – Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Hidayat Agus. 2006. Seni Tari Glipang Probolinggo Sebuah Analisis Bentuk, Fungsi, dan Makna Dengan Pendekatan Folklor: Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhamadiyah Malang.
Irfan, P., & Apriani, D. (2017). ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN E- TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA DI PULAU LOMBOK. ILKOM . Jurnal Ilmiah, 9(22), 325–330.
Royyan Muhammad, “Seni Tari Glipang di Kabupaten Probolinggo (Studi Deskriptif Makna Simbolik Tari Glipang dari Sudut Pangdang Pelaku”, AntroUnairDotNet, Vol.1/No.1/Juli-Desember 2121 hal.35-40
Warmayana, I Gede A.K. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, Vol. 3 No. 2 Halaman 81-92. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Umar, A., Sasongko, A. H., Aguzman, G., & Nusantara, U. B. (2014). STRATEGI ENGEMBANGAN BISNIS PADA BISNIS PARIWISATA, (9).
Lain-lain
(https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa_di_Indonesia diakses pada tanggal 26 mei 2019).
Agus, I. G., & Warmayana, K. (2018). Perancangan Sistem Informasi Wisata Religi Berbasis Website di Bali, 3, 37–58.
Novianti, D. T. (2018). No Title. Retrieved September 1, 2018, from http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/2435
P, N. L. I., Fauziyyah, S., Jember, U., Jember, U., & Jember, U. (2017). PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY PRODUK PARIWISATA, 2017, 27–28.
Pariwisata, Kementerian . (2018). No Title, 1. Redtreeasia.com. (2018). No Title. Retrieved September 29, 2018, from http://redtreeasia.com/info/apa-itu-digital-marketing-pengertian-dan-konsep- dasarnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nining Winarsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.