ANNALISIS PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MTS DARUL HUDA KLEPU KABUPATEN MALANG

Authors

  • Hamidi Rasyid Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v3i1.906

Keywords:

Pembelajaran Daring, IPS

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menganalisis pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara Daring (dalam jaringan). Penelitian ini guna mengungkapkan beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran IPS daring di MTs Darul Huda Klepu. Pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam penelitian ini, dalam pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian yang dipakai yaitu guru IPS dan beberapa siswa MTs Darul Huda Klepu. Berdasarkan hasil penelitian yang dikaji bahwa pembelajaran IPS yang dilterapkan secara daring dengan mengguakan satu aplikasi. Pemanfaatan aplikasi yang digunakan yaitu whatsapp group. Penggunaan aplikasi tersebut menjadi satu-satunya dikarenakan di daerah tersebut ada keterbatasan internet dan ditambah lagi ada beberapa siswa masih belum mempunyai HP sendiri, sehingga dalam proses pembelajaran butuh kerja keras guru dalam menyampaikan materinya, hal itu juga yang menjadi kendala dari siswa baik dari pengerjaan tugasnya dan tingkat pemahaman terhadap materi pembelajarannya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah pemelajaran daring mata pelajaran IPS adalah dengan membangun keselarasan antara tenaga pendidik, wali murid, dan murid dalam kegiatan pembelajaran IPS daring di MTs Darul Huda Klepu.

References

Amalia, R.U., Isnaeni, B., Purwanti,. Hanafi, Y. (2020). Analisis Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Online Materi Biologi di SMP Negeri 3 Bantul.pdf. Jurnal Bio Education, 5, 10– 15.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496²503

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Moleong, L. J. ( 2010 ). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2), 117²125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86

Oknisih, N. Wahyuningsih, Y, & Suyoto. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Vol. 1. 477²483. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1056

Padma, A., dan Sukanesh, R. (2011). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Automatic Classification and Segementation of Brain Tumor in CT Images Using Optimal Dominant Gray LLvel Run Length Texture Features, 2(10), 53²59

Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2011. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2305

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiono. ( 2011 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-20

Issue

Section

Articles